'Si Bau' yang Menyehatkan

Menjual petai
Sumber :
  • Antara/ Nila Fu'adi

VIVAnews - Aroma petai memang tidak enak. Tapi bagi sebagian orang, justru sayuran satu ini, bisa membangkitkan selera makan. Bahkan menurut penelitian, petai mengandung asam amino yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Parkia Speciosa ini sangat populer di negara-negara Asia Tenggara. Petai dijadikan campuran berbagai masakan karena rasanya yang sangat khas dan dan bisa memperkaya rasa masakan.

Anda pasti sudah sangat akrab dengan sambal petai, sayur pepaya dan ketupat sayur yang ditambah petai, hingga lalapan petai baik yang dibakar maupun direbus. Dengan mengonsumsi petai, ternyata Anda bisa membuat kulit, tulang, dan rambut jadi lebih sehat.

Menurut data World Agroforestry Centre (WAC), petai mengandung senyawa yang disebut, cystine. Ini merupakan senyawa sulfur yang mengandung asam amino dan sangat penting bagi pembentukan sel kulit, tulang dan rambut.

Cystine ini juga dibutuhkan dalam pembentukan glutathione, salah satu zat antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Bagi Anda yang memiliki gangguan kadar gula darah yang tinggi, tak ada salahnya mengonsumsi petai. Pasalnya, senyawa pada  petai diketahui bisa menurunkan level kadar gula dalam darah.

Namun, pastikan Anda mengonsumsi 'si bau' ini, secara tidak berlebihan. Itu karena, beberapa penelitian menyebutkan petai dapat membahayakan ginjal. (umi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024