Awas, Terjebak Jadi Pengikut Tren

tren busana berbulu
Sumber :
  • daily mail

VIVAnews -  Usia 20-40 tahun menjadi masa di mana orang sangat memerhatikan penampilan dengan mengeksplorasi segala jenis tren yang sedang berlangsung. Menginjak usia lanjut biasanya membuat orang tak terlalu peduli dengan tren fashion yang sedang digilai.

Tapi, siapa menyangka kalau Vivienne Westwood, desainer kondang Inggris, mengatakan kalau perempuan berusia 70 tahun adalah yang paling trendi. Ini dibandingkan dengan perempuan dengan usia yang lebih muda.

Ia juga mengatakan bahwa generasi saat ini tidak pernah terlihat jelek ketika dibandingkan dengan perempuan seusianya. Tapi, perempuan yang lebih tua memiliki gaya individu yang lebih baik dibandingkan mereka.

Saat ini, menurut Westwood, fashion tengah memasuki era 'disposable fashion'. Yakni fashion yang tidak abadi, dapat dengan mudah digandrungi dan juga dapat dengan mudah dilupakan. Hal ini membuat generasi muda terlihat memiliki style yang sama, satu sama lain.

"Semua orang terlihat sama. Saya tidak akan memerhatikan penampilan orang kecuali jika mereka tampak berbeda dan cantik. Dan, biasanya mereka berusia 70 tahun," ujar Vivienne Westwood, seperti dikutip dari Daily Mail.

Ia bahkan mengatakan bahwa saat ini adalah periode fashion terburuk yang pernah berlangsung. Westwood beropini kalau generasi saat ini tidak berpikir saat memutuskan penampilan dan selalu termakan tren.

"Kita seolah dilatih untuk menjadi konsumen dan mengonsumsi terlalu banyak. Orang tidak pernah terlihat begitu jelek kecuali saat ini, karena apa yang mereka kenakan," kata Westwood.

Pemicu jadi pengikut tren

Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, 2 Ferrari dan 1 Mercy

Vivienne Westwood

Selalu mengikuti tren terjadi karena beberapa aspek. Seperti, makin banyaknya toko yang menyediakan versi murah dari pakaian-pakaian yang digunakan oleh selebriti. Padahal, pakaian tersebut hanya dapat dipakai hanya pada satu musim saja.

Selain itu, generasi saat ini semakin malas memikirkan fashion statement mereka. Kebanyakan dari mereka, menurut Westwood, cenderung meniru apa yang dipakai idola, atau pasrah dengan pergerakan fashion yang ditentukan oleh industri fashion itu sendiri.

Desainer eksentrik ini juga menambahkan, bahwa saat ini banyak selebriti yang hanya membeli kuantitas bukan kualitas. Terlihat dari jarangnya selebriti yang menggunakan pakaian yang sama dua kali.

Bahkan, penelitian terbaru yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa perempuan saat ini mampu membeli fashion item hingga setengah dari bobot tubuhnya dalam satu tahun. Itu berarti, perempuan saat ini memiliki empat kali lebih banyak pakaian di dalam lemari, daripada perempuan yang hidup di era 80-an.

Fakta ini, membuat Westwood lebih berhati-hati dalam merancang pakaian. "Saya bisa saja tidak menyukai pakaian yang saya rancang. Saya bisa menyukai fashion tren yang berkembang saat ini, tapi saya harus berhati-hati agar tidak terjebak dalam tren fashion yang sesaat," ujarnya. (umi)

Ibunda Salshabilla Adriani Bantah Soal Rumor Perselingkuhan Anaknya dengan Rizky Nazar
Rafael Struick latihan bersama Indonesia U-23

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Penyerangan Timnas Indonesia, Rafael Struick bakal dipastikan absen memeprkuat skuad asuhan Shin Tae Yong pada babak Semifinal Piala Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024