VIVALIFE

Efek Buruk Konsumsi Kafein Saat Menyusui

Air susu yang mengandung kafein membuat bayi mudah terbangun dan rewel.
Jum'at, 24 Februari 2012
Oleh : Mutia Nugraheni
Ibu menyusui

VIVAnews - Saat ini Anda sedang menyusui? Sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi minum minuman berkafein. Seperti teh, kopi atau minuman bersoda. Pasalnya, kafein bisa membuat bayi Anda mengalami sulit tidur.

Bayi akan mudah terbangun dan rewel karena mereka juga mengonsumsi kafein melalui air susu ibu. Hal ini diungkapkan oleh Dr Ruth Lawrence, editor dari Journal Breastfeeding Medicine. Ia mengungkap kalau bayi mengalami kesulitan untuk mengurai dan menghilangkan zat-zat beracun di tubuhnya, terutama di dua minggu pertama kehidupannya.

"Akan sangat baik jika ibu menyusui mengurangi atau menghindari mengonsumsi minuman berkafein," kata Dr Lawrence, seperti dikutip dari Daily Mail.

Profesor dari Rochester University di New York ini, menyarankan untuk tak mengonsumsi kafein lebih dari 300 miligram per hari. Ini setara dengan tiga cangkir kopi.

"Secara khusus untuk ibu menyusui, saya memang tak tahu persis batas aman kafein yang dikonsumsi setiap hari, karena harus diukur secara spesifik," kata Dr. Lawrence.

Hal ini, menurutnya harus diperhatikan para ibu menyusui karena paparan kafein pada bayi, terutama yang baru lahir akan memicu masalah pernapasan. Ia juga memperingatkan kalau senstivitas tiap bayi berbeda.

"Ada bayi-bayi yang sangat sensitif. Dengan paparan kafein, mereka makin sulit tidur, waktu istirahatnya juga berkurang dan ini berdampak buruk bagi kesehatan dan perkembangannya," ujar Dr. Lawrence. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER