Ada Racun Berbahaya di Kapur Insektisida

Kapur warna-warni
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Badan Kesehatan Kanada menyarankan untuk tidak membeli produk pestisida berbentuk kapur karena mengandung bahan racun berbahaya. Kapur pestisida banyak diimpor dari China tanpa melalui uji kelayakan.

Hasil studi laboratorium menemukan, sampel kapur insektisida mengandung deltametrin, pestisida yang dapat menimbulkan efek kesehatan serius jika digunakan tidak tepat.

Anak-anak sangat berisiko mengalami gangguan kesehatan akibat penggunaan kapur insektisida. Seringkali anak menyangkanya sebagai kapur papan tulis, terhirup saat digunakan menulis hingga memasukkan kapur insektisida ke dalam mulut.

Seperti dikutip dari HealthCanada, studi juga menemukan konsentrasi beberapa jenis bahan kimia dalam kapur insektisida dapat menyebabkan muntah, sakit perut, kejang, tremor, kehilangan kesadaran hingga reaksi alergi serius.

Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) telah melaporkan beberapa anak dirawat di rumah sakit karena memakan kapur insektisida.

Untuk mencegah terjadinya keracunan terutama pada anak-anak, kapur insektisida harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Sisa kapur yang melekat pada bidang harus dibersihkan dengan air dan sabun dengan menggunakan sarung tangan karet.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Badan kesehatan Kanada juga mengingatkan agar penggunaan bahan pestisida luar ruangan tidak boleh digunakan di dalam ruangan. (umi)

Nyamuk bionik Wolbachia

Nyamuk Wolbachia Melawan DBD! Menkes Ungkap 5 Wilayah di Jawa yang Sudah Terbebas

 Implementasi teknologi nyamuk wolbachia  merupakan salah satu cara untuk menghambat perkembangan virus dengue penyebab kasus demam berdarah atau DBD.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024