VIVALIFE

Percantik Gigi dengan Behel

Gigi cantik bukan lagi sekedar mimpi. Wujudkan dengan behel, dan rajinlah kontrol.
Rabu, 11 Februari 2009
Oleh : Nenden Novianti
Behel Gigi

VIVAnews – Anda sungkan tersenyum lebar karena gigi kurang rapi ? Mungkin saatnya anda mendongkrak rasa  percaya diri dengan mengenakan behel  untuk memperbaiki penampilan gigi agar nampak lebih cantik.
Tapi sebelum memutuskan mengenakan behel,  ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Pertama, siapkan dana sekitar 9 hingga 10 juta untuk behel  berbahan metal, dan 15 – 17 juta untuk behel berbahan keramik.

Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya.  Behel berbahan metal dipilih untuk kualitasnya yang dinilai lebih baik, lebih kuat serta bisa mengatasi kasus yang termasuk berat sekalipun. Harganya pun lebih murah. Tapi dari segi estetika memang agak kurang disukai, karena warna metal yang menempel  di gigi seringkali dinilai mengurangi kecantikan wajah.

Banyak wanita yang lebih memilih mengenakan behel berbahan keramik dibanding metal, meski harganya lebih mahal. Behel berbahan keramik warnanya hampir sewarna gigi sehingga nampak lebih sedap dipandang bila tersenyum.

Sebetulnya ada satu jenis behel lagi, yaitu berbahan porselen, tapi jarang digunakan karena mudah ternoda oleh warna makanan. Lagipula secara fungsi estetika, mirip dengan  behel berbahan keramik yang lebih elegan dikenakan.

Namun selain dana, ada hal lain yang sangat penting untuk kesuksesan upaya mempercantik gigi ini. Menurut Drg.Ardi Kurniawan,Sp.Ort dari Danta Dental Care, niat dan komitmen jangka panjang diperlukan dari pasien yang ingin mengenakan behel. Maklum upaya mempercantik ini tak selalu menyenangkan dan membutuhkan waktu 2 hingga 2,5 tahun.

“Sikap kooperatif pasien sangat dibutuhkan untuk keberhasilan proses perbaikan gigi. Pasien harus rajin merawat gigi dengan perawatan rutin ekstra, serta kontrol ke ortodontis yang merawatnya setiap tiga pekan,” kata drg.Ardi.

“Bila pasien tak kooperatif maka bisa jadi waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan lebih panjang. Bahkan bisa jadi harus dihentikan di tengah jalan, bila terbukti pasien tak cukup rajin merawat giginya, sehingga menimbulkan kerusakan jaringan penyangga gigi, seperti gusi berdarah dan gigi goyang,” lanjut drg Ardi.

Untuk para wanita yang sudah mengenakan behel saat ini, Drg. Ardi memberikan tips agar tujuan mengenakan behel berhasil seperti harapan. Rutin mengganti karet elastis sehari dua kali dan menggunakan alat ekstra perawatan oral untuk pasien dengan kasus-kasus khusus. Membersihkan gigi dengan lebih teliti, sikat gigi setiap habis makan, dan gunakan obat kumur.

Terakhir rajin kontrol ke ortodontis yang merawat, untuk mengevaluasi pergerakan gigi, konsultasi keluhan yang terjadi dan mengecek kebersihan rongga mulut.

TERKAIT
TERPOPULER