Jurus Mengatasi Pipi Merona

Sumber :

VIVAnews - Mungkin Anda pernah merasakan pipi Anda memerah dan terasa panas ketika spontan melakukan hal yang memalukan di depan banyak orang.

Ratusan Emak-emak Tangerang Ikut Senam Cegah Osteoporosis

"Rasa takut atau malu dalam lingkungan sosial bisa melepaskan adrenalin sehingga pembuluh darah di wajah melebar dan menyebabkan munculnya rona kemerahan di pipi," ujar Jenna Luu, psikiater dari Kaiser Permanente West Los Angeles Medical Center, dikutip dari Allure.

Kerap kali pipi yang memerah justru memberi tanda bahwa Anda sedang dalam kondisi malu. Rasanya, ingin bersembunyi saja di bawah meja agar pipi yang memerah tidak terlihat oleh orang-orang di sekeliling Anda. Sayangnya, hal tersebut tidak mungkin Anda lakukan, apalagi jika sedang ditengah- tengah rapat.

Untuk menyiasati masalah pipi merona kemerahan ini, Anda hanya perlu melakukan hal-hal sederhana. Berikut triknya:

1. Jika pipi Anda selalu merona kemerahan di waktu tertentu,
contohnya ketika berbicara di depan umum, Anda bisa mengonsumsi obat beta blocker sebelum Anda berbicara di depan umum. Obat ini dapat menghentikan pergerakan adrenalin.

2. Ingin cara yang lebih aman? Coba yang satu ini. Taruhlah es batu di
dalam mulut Anda. Atau, minum soda dingin ketika rasa panas di pipi
mulai muncul. Sensasi dingin dapat membantu menghalangi impuls saraf yang merangsang pelebaran pembuluh darah sehingga dapat mengurangi rona merah berlebihan pada pipi.

3. Sebuah solusi jangka panjang juga tersedia untuk mereka yang
mengalami pipi merona secara emosional. Anda dapat menggunakan
biofeedback yang  dapat mengontrol pembuluh darah. Teknik ini menggunakan sebuah mesin untuk mengukur fungsi psikologis seperti tekanan darah.

Seiring waktu pasien akan belajar bahwa pikiran atau perilaku tertentu
dapat menyebabkan tekanan darah turun, mengurangi stres, dan mencegah pembesaran pembuluh darah. Akhirnya mereka tidak lagi memerlukan mesin pengukuran tersebut untuk meredakan tekanan darah yang menyebabkan pipi merona.

Jadi, sudah tidak perlu malu lagi karena pipi tiba-tiba merona kan? (umi)

Penting, Jemaah Haji Harus Kenakan Kartu Identitas Agar Mudah Dikenali Saat Tersesat
Petugas Haji Indonesia sedang mendampingi jemaah di Masjid Nabawi Madinah

Lupa Jalan ke Hotel, Jemaah Bisa Minta Bantuan Petugas Haji di Masjid Nabawi

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menempatkan sektor khusus di Masjid Nabawi yang bertugas melakukan pelindungan kepada jemaah.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024