Operasi, Kondisi Balita Kembar Siam Stabil

Ilustrasi ruang operasi.
Sumber :
  • Reuters/ Jean-Paul Pelissier

VIVAnews - Kondisi balita kembar siam Wanda dan Wandi mulai stabil, sehari usai menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.

Meski sempat mengalami kenaikan suhu tubuh hingga 38 derajat Celcius, dua bocah yang lahir pada 20 September 2010 itu memperlihat perkembangan yang cukup baik.

"Kondisinya baik dan normal. Untuk kenaikan suhu tubuh itu wajar, karena masih dalam tahap penyesuaian pasca pembedahan," ujar salah satu anggota tim dokter, Prof U Kaswiyan, kepada wartawan, Selasa, 20 Maret 2012.

Tim dokter masih melakukan pemantauan 24 jam selama sepekan. "Selama satu minggu, kondisi Wanda Wandi kami pantau, apabila sudah ada perubahan dan survive terus, maka kondisinya bisa dikatakan baik," ucap Kaswiyan.

Anak pasangan Dede Amung Sunarya, 21, dan Lina Mawarti, 20, tersebut terlahir dengan kondisi dada dan perut menyatu. Kondisi ini juga menyatukan sejumlah organ bagian dalam seperti diafragma, usus halus, dan hati.

Meski dirujuk ke rumah sakit sejak September 2010, operasi pemisahan baru bisa dilangsungkan, Senin, 19 Maret 2012. Operasi dilangsungkan dengan memperhitungan usia ideal agar operasi berlangsung optimal. (art)

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 
Bandara di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tergenang banjir 17/4

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Banjir bandang yang merendam Dubai, Uni Emirat Arab pada 16 April 2024, berdampak pada penerbangan beberapa maskapai menuju Bali.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024