Cara Sehat Menikmati Kopi dan Teh

Teh hijau
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews- Kabar mengenai manfaat kopi dan teh untuk kesehatan sepertinya telah banyak diketahui, juga kenikmatan keduanya. Hingga menjamur gerai- gerai untuk sekedar tempat nongkrong atau bahkan digunakan sebagai pilihan nyaman untuk bertemu klien dalam urusan pekerjaan. Mungkin juga tidak lagi terhitung, berapa cangkir Anda mengkonsumsinya setiap hari jika harus berpindah dari satu klien ke klien lainnya. Benar, kopi dan teh ini memberikan kontribusi untuk kesehatan tubuh kita.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Sebuah studi di Harvard pada tahun 2011 menemukan bahwa wanita yang konsumsi kopi setiap hari lebih terhindar dari resiko kanker endometrium. Demikian juga dengan teh yang ampuh dengan antioksidan untuk melawan kanker. Teh ataupun kopi  juga dapat membangkitkan suasana hati. Tapi apakah komposisi pada minuman Anda sudah benar, hingga dapat diklaim bermanfaat untuk kesehatan? Berikut cara menikmati kopi dan teh yang benar untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. 

1. Lupakan creamer
Menambahkan krim manis pada seduhan kopi atau teh memberi kenikmatan rasa, tapi tidak untuk menjaga kesehatan Anda. Sebuah penelitian di Swiss menyarankan untuk mengkonsumsi kopi atau teh tanpa menggunakan creamer, karena mengganggu penyerapan antioksidan. Sebagai pengganti creamer, Anda dapat menggunakan susu sapi, susu kedelai, atau susu almond yang juga tidak kalah nikmat.

2. Pilih jenis teh
Semua jenis dari keluarga teh ini memang memberikan manfaat untuk kesehatan. Tetapi teh hitam, teh putih, dan teh hijau dapat diunggulkan sebagai bintang untuk urusan kesehatan. Jenis teh ini membantu memerangi infeksi dalam tubuh dan juga memperlambat penurunan fungsi kognitif.

3. Penyaring kopi
Seduhan kopi menyisakan residu minyak yang mengandung cafestol. Zat ini dapat meningkatkan resiko jantung dan memperburuk kadar kolesterol LDL. Untuk tetap dapat menikmati kopi dengan lebih aman, Anda dapat menggunakan kertas filter khusus yang dapat menyaring zat- zat yang tidak memberi manfaat untuk kesehatan tersebut.

Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024