Awas, Foto di Facebook Bikin Tak Percaya Diri

Foto perayaan 500 juta pengguna Facebook
Sumber :
  • TechCrunch

VIVAnews - Jangan terlalu sering menghabiskan waktu berjam-jam dengan melihat foto-foto di Facebook. Kebiasaan satu ini, ternyata bisa berdampak buruk pada kebiasaan makan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Hasil survei menunjukkan, 51 persen pengguna Facebook merasa tak percaya diri dengan bentuk tubuhnya setelah melihat foto-foto mereka. Survei ini dilakukan pada pada 600 pengguna Facebook berusia 16 hingga 40 tahun, oleh The Center for Eating Disorders di Amerika Serikat. 

Lalu, sebanyak 44 persen mengungkap kalau mereka berharap memiliki bentuk tubuh atau berat badan yang sama dengan temannya dalam foto. Juga diketahui, 32 persen mengaku merasa sedih setelah melihat dan membandingkan foto diri dan teman-temannya di Facebook.

"Facebook mempermudah orang untuk menghabiskan waktu mengkritik bentuk tubuhnya sendiri. Ini memicu ketidakpercayaan diri yang bisa mengakibatkan gangguan makan, seperti bulimia dan anoreksia," kata Dr. Harry Brandt dari The Center for Eating Disorders, dikutip dari NY Daily News.

Menurut Brandt, dengan situs jejaring sosial saat ini, membuat lebih banyak pemicu yang membuat seseorang tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Tak heran kalau sebanyak 17 persen responden mengungkap kalau mereka ingin mengubah beberapa area di tubuhnya saat membandingkan dengan bentuk tubuh temannya dalam foto.

"Makin sering seseorang memikirkan apa yang salah dengan bentuk tubuhnya, makin jarang mereka memiliki pikiran positif dan merasakan kepuasan dalam hidup," kata Dr. Steven Crawford, salah satu peneliti di The Center for Eating Disorders.

Ia mengungkap, saat seseorang sangat mengkhawatirkan bentuk tubuhnya dan tak menganggap penting aspek holistik kehidupan, maka risiko mengalami depresi akan sangat besar. Bukan hanya mengalami masalah makan tetapi juga gangguan mental.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024