Latihan Efektif Sesuai Bentuk Tubuh

Efektif di Pusat Kebugaran
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Anda mungkin ingin membuat tubuh lebih langsing, otot lebih kencang dan tentunya sehat. Olahraga memang cara paling tepat untuk mendapatkan semua itu. Namun, ada hal yang juga harus Anda perhatikan, yaitu jenis latihan yang dilakukan.

Sebelum memilih jenis olahraga, perhatikan dulu bentuk tubuh, postur dan keluhan Anda. Jika Anda termasuk pekerja yang setiap hari mengetik berjam-jam dan membungkuk, latihan yang sebaiknya dilakukan adalah terfokus pada kekuatan punggung.

"Setiap hari di depan komputer, selama berjam-jam, otot bahu memang lebih kuat, tapi otot punggung perlu dilatih. Ini untuk mencegah dan mengatasi nyeri punggung," kata Henry, Physical Exercise Consultant, dalam acara peluncuran Nutrilite Diet Program di Jakarta.

Rasa pegal pada punggung, bisa diminimalisir dengan melakukan latihan sederhana, berupa push-up. Gerakan ini bisa Anda lakukan di rumah pada pagi atau malam hari jelang tidur.

"Push-up adalah gerakan paling alami dan paling bagus untuk kekuatan dan kesehatan punggung. Sesuaikan saja latihan dengan kemampuan Anda saat melakukannya, tak perlu memaksakan," ujar Henry.

Lalu, perhatikan juga tipe tubuh Anda. William Herbert Sheldon yang buku yang berjudul "Atlas of Men" mengklasifikasikan tubuh manusia dalam tiga tipe yaitu endomorph, mesomorph dan ectomorph.

Untuk mengetahuinya berikut penjelasan dari tiap-tiap tipe tubuh. Termasuk kelebihan, kekurangan serta latihan yang paling tepat.


1. Endomorph (endo):


Bentuk tubuh bulat dan cenderung memiliki kaki yang besar. Bahu sempit dan memiliki dada besar. Pada bentuk bentuk tubuh endomorp ini lemak menumpuk di bagian pinggul dan perut.

Pilihlah jenis olahraga yang memfokuskan pada pembentukan perut dan kekuatan pinggul. Seperti kick boxing dan sit up.

2. Mesomorph (meso) :


Bentuk tubuh berotot dan kekar. Dada lebih lebar daripada pinggang. Bentuk bahu pun juga cukup lebar. Bagi yang memiliki bentuk tubuh mesomorph disarankan untuk melakukan latihan pengencangan otot untuk mengikis lemak. Hal itu agar bentuk otot tetap proporsional.

3. Ectomorph (ecto) :


Memiliki tangan dan kaki yang panjang dengan pundak lebar. Lemak cenderung menumpuk di bagian paha. Menurut Sheldon, tipe tubuh ectomorph cenderung sulit membentuk otot tanpa latihan yang keras dan intensif. (eh)

Sahabat Masih Bersaksi Soal Kebaikan Babe Cabita
Ilustrasi pohon tumbang

BPBD Sebut 6 Pohon Tumbang di Jakarta Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Pohon tumbang menimpa satu rumah.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024