Psoriasis, Penyakit Kulit Ganggu Kecantikan

VIVAnews - Kelainan pada kulit seringkali sangat mengganggu penampilan fisik, serta menurunkan kualitas hidup. Namun, tidak banyak kalangan masyarakat yang mengetahui seluk beluk penyakit yang menimpa semua latar belakang, usia dan gender itu.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

"Dunia medis menyebutkna penyakit psoriasis," kata Ketua Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia (KPPI) dr Danang pada seminar kesehatan bertema Stop Psioriasis di Club Golf House Senayan Jakarta, Minggu, 15 Februari 2009.

Menurut Danang, psoriasis adalah penyakit sistemik internal yang disebabkan kelainan pada sistem kekebalan tubuh (autoimunitas) yang hingga saat ini belum dapat disembuhkan secara total. "Jadi, penyakit ini akan mengganggu kecantikan penderita dari segi fisik dan sosial, serta mengganggu kualitas hidup," ujarnya.
 
Dia menambahkan, pasien psoriasis mencapai 2,5 hingga tiga persen dari populasi. "Bahkan, kemungkinan lebih besar di atas itu dan belum mendapatkan penanganan medis," kata Danang.

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Berdasarkan data yang dirilis National Institut of Health di Amerika Serikat, terdapat 7,5 juta orang penderita psoriasis dan 125 juta pasien di seluruh dunia.
 
Hingga saat ini, kata Danang, penanganan penyakit psoriosis berupa perawatan medis baru hanya berfungsi meredam dan mengendalikan kekambuhan. "Perawatan untuk menghindari kekambuhan dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti asupan gizi, hormonal, fisik, psikologis dan gaya hidup," tuturnya.
 
Psoriasis merupakan penyakit genetik dan non genetik, tidak menular, yang disebabkan penyampaian sinyal yang salah dari sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan sel-sel kulit beregenerasi terlampau cepat daripada umum sehingga menyebabkan lesi kemerahan seperti bersisik jika dikelupas akan berdarah.

Umumnya psoriasis terdapat di siku, lutut, batas kepala hingga di kulit kepala menyerupai ketombe dan dapat timbul bagian tubuh di mana pun.

Pada tingkat yang lebih jauh, 10 hingga 30 persen penderita psoriasis mengalami psoriatic arthritis, radang sendi yang menyebabkan nyeri, kekakuan, dan bengkak pada persendian yang mengganggu aktivitas. "Masalah ini cukup pelik, karena hingga kini belum dapat disembuhkan," kata Danang.

Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024