VIVALIFE

Doa Guardiola di Hari Ulang Tahun Puyol

"Jika tidak cedera, dia pasti bisa memiliki karier yang panjang."
Sabtu, 14 April 2012
Oleh : Muhayati Faridatun
Carles Puyol

VIVAbola - Bek senior Barcelona, Carles Puyol, genap menginjak 34 tahun pada Jumat, 13 April 2012. Pelatih Barca, Josep Guardiola tak lupa memberi ucapan selamat dan doa untuk pria berambut ikal tersebut.

“Selamat kepada Carles Puyol untuk ulang tahunnya ke-34,” ujar Guardiola seperti dikutip dari Soccerway. “Saya ingat ketika pertama kali dia datang. Saat itu, Anda sudah bisa melihat dia akan siap menghadapi tantangan dunia.”

Setelah menapaki karier di tim Barcelona C dan B, Puyol ditarik masuk ke skuad inti pada 1999. Ketika itu, Guardiola masih mengenakan jersey Barcelona sebagai gelandang bertahan. Sejak akhir musim 2003-04 hingga saat ini, Puyol masih dipercaya menyandang ban kapten.

Bek bernomor punggung 5 itu bahkan belum menyatakan hasrat untuk pensiun. Jasanya pun masih dibutuhkan oleh tim nasional Spanyol. Guardiola lantas berharap, Puyol meneruskan kiprahnya sepanjang cedera tidak lagi menghantuinya.

“Jika tidak cedera, dia pasti bisa memiliki karier yang panjang. Seperti kita tahu bahwa sepakbola sudah menjadi bagian hidupnya,” tutur pelatih kelahiran Santpedor, Spanyol, 41 tahun silam tersebut.

Sepanjang kariernya, Puyol sudah mengantongi banyak gelar juara bersama Barcelona, yakni 5 trofi La Liga, 1 Copa del Rey, 5 Piala Super Spanyol, 3 Liga Champions, 2 Piala Super Eropa, dan 2 Piala Dunia Antarklub. Ia juga sempat dinobatkan menjadi bek terbaik klub UEFA pada 2006.

TERKAIT
TERPOPULER