Langsing Tanpa Tersiksa Berkat Kacang

kacang almond
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews - Ingin memiliki berat tubuh ideal? Jangan lagi menyisihkan taburan kacang di dalam makanan. Meski memiliki kandungan lemak, kacang ternyata cukup berperan membantu pelangsingan tubuh.

Sebuah studi menunjukkan, mereka yang rajin mengonsumsi kacang almond, mete, dan pistachio memiliki peluang lebih besar mengalami penurunan berat badan, indeks massa tubuh (IMT), dan lingkar pinggang. Ini jika dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi kacang.

Jika dibandingkan yang jarang mengonsumsi kacang, mereka yang rajin mengonsumsi kacang cenderung memiliki berat badan dua kilogram lebih rendah, IMT 0,9 lebih rendah, dan lingkar pinggang dua sentimeter lebih kecil.

"Fakta yang menarik, konsumen setia kacang memiliki berat badan, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kacang," ujar Carol O'Neil, pemimpin peneliti dari Universitas Louisiana State, dikutip Daily Mail.

Dalam penelitian yang diterbitkan Journal of the American College of Nutrition, ini peneliti menggunakan data dari 13.292 pria dan wanita yang sebelumnya telah berpartisipasi dalam National Health and Nutrition Examination Surveys (NHANES) pada 1999-2004.

Konsumsi almond, kacang brazil, kacang mete, hazelnut, macadamia, pecan, kacang pinus, pistachio, dan walnut secara rutin juga dikaitkan dengan kadar kolesterol baik yang lebih tinggi, dan penurunan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Mereka kemudian membandingkan faktor risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan sindroma metabolik antara konsumen setia kacang dan mereka yang tidak atau jarang mengonsumsi kacang.

Konsumsi kacang rupanya terkait dengan prevalensi lebih rendah dari empat faktor risiko sindroma metabolik, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, kadar gula yang tinggi. "Kacang harus menjadi bagian integral dari diet yang sehat," ujarnya.

Selain membantu menjaga stabilitas berat tubuh, rajin mengonsumsi kacang juga menjauhkan risiko serangan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan sindroma metabolik. Asupan yang disarankan, seperempat ons kacang setiap hari. (hp).

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI

Bawaslu soal Sidang Sengketa Pilpres 2024: Apapun Keputusannya Kami Ikuti

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengaku siap menghadapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024