« Kembali
Cara Cepat Kikis Lemak Membandel di Perut
Sudah diet dan berolahraga. Berat badan berkurang namun, lemak perut tak kunjung hilang.
Anda Nurlaila
Senin, 16 April 2012, 11:30 WIB
Lemak perut kerap sulit dihilangkan kendati telah berolahraga dan diet sehat. (dok. Corbis)
Lemak perut kerap sulit dihilangkan kendati telah berolahraga dan diet sehat. (dok. Corbis)

VIVAnews - Berolahraga dan makan sehat adalah dua gaya hidup yang dapat menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan. Namun, kerap kali juga menimbulkan frustasi. Meski berat badan mulai turun, lemak di bagian perut tak kunjung luruh.

Pakar diet Mike Roussell, PhD, mengatakan ada tahapan untuk mencapai penurunan berat badan sekaligus memperoleh perut yang rata dengan cepat.

Menurutnya, makan sehat dan berolahraga terutama latihan cardio dan beban penting untuk menghilangkan lemak perut. Tapi ada satu rahasia yang efektif membakar lemak, yaitu mengubah diet. Caranya menargetkan area tertentu dari lemak tubuh untuk dihilangkan secara bertahap.

Sebuah studi 2007 yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care menyatakan, perlu memindahkan lemak di tubuh bagian tengah dengan diet khusus selama dua bulan.

Bulan 1: Diet tinggi karbohidrat, rendah lemak

Ini dianggap sebagai pendekatan tradisional untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang tertarik dengan kandungan gizi, diet tinggi karbohidrat mengandung 65 kalori dari karbohidrat, 20 persen kalori dari lemak, dan 15 persen kalori dari protein.

Bulan 2: Diet tinggi lemak tak jenuh tunggal

Ini sangat mirip dengan diet Mediterania, dengan 47 persen kalori dari karbohidrat, 38 persen kalori dari lemak, dan 15 persen kalori dari protein.  Sebagian besar lemak dalam makanan ini berasal dari zaitun virgin oil, kacang, alpukat dan macadamia adalah contoh yang baik lain dari makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal.

Para peserta yang berdiet selama dua bulan dengan diet tinggi karbohidrat lantas beralih ke diet tinggi lemak tak jenuh tunggal mampu mengurangi lemak dari bagian tengah tubuh.

Roussell memberi cara sederhana untuk memulai perubahan dalam diet:

1. Hindari dressing salad rendah lemak atau bebas lemak

Biasanya dressing akan mengganti minyak dengan gula. Sebaliknya, gunakan  zaitun virgin oil . Anda dapat mencampurnya dengan berbagai cuka yang berbeda untuk mengubah rasa saus salad Anda, seperti apel, anggur merah, atau cuka tarragon. Cuka membantu mengontrol gula darah, yang selanjutnya akan membantu penurunan berat badan.

2. Camilan cerdas

Camilan seperti kerupuk dan pretzel mengandung karbohidrat dan cenderung dikonsumsi berlebihan. Bila ingin mengurangi lemak di perut, mengemil kacang macadamia dengan lemak tak jenuh tunggal. Camilan ini secara signifikan mampu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung daripada cemilan lainnya. (eh)

 

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id