Hydrocephalus Bisa Serang Orang Tua

Anargia Adillah (Dilla), balita penderita hydrocephalus.
Sumber :
  • Antara

VIVAnews – Mendengar kata hydrocephalus, kita mungkin langsung terbayang bayi atau anak-anak kecil dengan ukuran kepala membesar. Tapi nyatanya, kelainan akibat penumpukan cairan di otak yang membuat tekanan di kepala tinggi ini juga mengancam orang tua.

Dokter spesialis bedah saraf, M Radhian Arief, mengatakan bahwa hydrocephalus mengancam segala usia dengan penyebab beragam. Salah satunya adalah hydrocephalus yang sering ditemukan pada orang lanjut usia atau 55 tahun ke atas.

Di dunia medis, penyakit tersebut dikenal sebagai Normal Pressure Hydrocephalus (NPH), yaitu suatu jenis hydrocephalus dengan tekanan yang fluktuatif. Kadang normal, kadang tinggi, sehingga gejalanya tak sama dengan hydrocephalus pada umumnya, meski tetap disertai pembesaran ukuran kepala.

Gejala NPH terbagi dalam tiga kategori: amnesia, ataksia dan inkontinensia. Amnesia biasanya ditunjukkan dengan ketidakmampuan mengingat hal-hal sederhana seperti nama orang-orang terdekat, tempat, atau waktu.

Ataksia, ketidakmampuan untuk menjaga postur dan keseimbangan badan sehingga cenderung mudah jatuh saat berdiri atau berjalan. Inkontinensia, ketidakmampuan menahan berkemih atau suka ngompol. "Ketiga gejala ini timbul akibat tekanan pada pusat-pusat kontrol di otak oleh hydrocephalus."

Diagnosis kondisi ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan CT Scan kepala atau pemasangan monitor tekanan intrakranial untuk mengevaluasi fluktuasi tekanan di dalam kepala.

Anargia Adillah
Sementara pada anak-anak, hydrocephalus biasanya dibarengi dengan keterbelakangan mental akibat otak gagal tumbuh dan berkembang. Ini seperti yang menimpa Anargia Adillah, bocah 3,5 asal Gang Lopis Bawah RT 02 RW 05, Kebon Pedes, Tanah Sereal, Bogor.

Dilla, panggilan bocah itu, menderita hydrocephalus sejak lahir, 9 Oktober 2008. Sejumlah pengobatan yang ditempuh di tengah keterbatasan biaya belum membuahkan hasil. Dengan lingkar kepala hampir 100 sentimeter, bocah itu hanya bisa berbaring. Tak sanggup lagi menggerahkan kaki dan tangannya.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Untuk membantu pengobatan Dilla, VIVAnews membuka kotak bantuan. Bagi Anda yang tergerak hatinya, silakan mentransfer uang seikhlasnya ke rekening resmi VIVAnews di Bank Central Asia (BCA), KCP Plaza Central, Jakarta No. 4412106222 a.n. PT VIVA Media Baru. Di berita acara tranfer, mohon ditulis: "Sumbangan untuk Dilla" berikut nama lengkap dan kota domisili Anda. Jika mentransfer dari mesin ATM, harap mengisi kode referensi: 123123.

Anda dapat mentransfer melalui counter, ATM, internet banking maupun mobile banking. Daftar penyumbang dan besaran dana yang terkumpul akan kami umumkan di VIVAnews secara berkala. Sumbangan akan kami serahkan setiap minggu.

Terima kasih banyak atas kebaikan hati Anda.(umi)

Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024