Sensasi Mandi Es Bagi Kesehatan

Mandi berendam air mawar
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Masyarakat Jepang memiliki tradisi unik menyambut tahun baru dengan mandi air es. Jika mereka melakukannya atas keyakinan pembersihan pikiran tubuh, masyarakat di sejumlah negara memiliki ritual mandi air es atas nama kesehatan.

Ada pemahaman yang menyebut berendam air es dapat mencegah atau mengurangi nyeri otot usai olahraga. Dikenal sebagai cryotherapy.

Hanya mitos atau memiliki bukti ilmiah? Tim peneliti dari University of Ulster, Irlandia Utara, mengatakan bahwa mandi air es berperan mengurang inflamasi otot yang dapat memicu kekakuan, bengkak, dan nyeri usai olahraga.

Chris Bleakley, penulis utama penelitian, mengatakan, mandi air es membantu memulihkan ketegangan otot usai olahraga yang melelahkan. "Efeknya mengistirahatkan otot," katanya, dikutip Reuters.

Penelitian melibatkan 366 orang. Dalam 17 uji klinis, peneliti meminta partisipan berendam di dalam air es bersuhu 10-15 derajat dengan waktu bervariasi antara 5-24 menit. "Kami menemukan beberapa bukti bahwa berendam di air dingin setelah olahraga bisa mengurangi nyeri otot," ujarnya.

Meski demikian, peneliti memeringatkan kemungkinan efek buruk jika melakukan dalam jangka panjang. Perlu ada pertimbangkan bahwa berendam air es bisa mengejutkan suhu tubuh. "Kami harap Anda tak melakukan sesuatu yang berisiko dengan berendam air es dalam durasi sangat lama." (eh)

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024