Artis-artis Indonesia Yang Terjerat Narkoba

Alba Fuad
Sumber :
  • Facebook Alba Fuad

VIVAnews - Pedangdut Putri Vinata dua hari lalu ditangkap aparat Polres Malang karena kedapatan membawa sabu-sabu. Ia tertangkap di sebuah ATM di Malang, Jawa Timur. Saat ditangkap, Putri sedang bersama seorang pria.

Ketika diperiksa polisi, ditemukan satu paket sabu-sabu seberat 1 gram yang disembunyikan di sebuah pembalut wanita. Pembalut itu berada di dalam tas pemilik goyang kayang itu. Tak ayal, polisi langsung menjebloskannya ke tahanan.

Tertangkapnya Putri, kembali menambah daftar panjang deretan artis Tanah Air yang terlibat dengan kasus narkoba. Bahkan ada yang menilai, artis merupakan pasar potensial bagi penjualan barang haram tersebut. Sehingga tidak heran jika banyak artis yang tertangkap saat sedang mengkonsumsi narkoba.

Sebelum Putri Vinata, banyak sejumlah artis lainnya juga pernah ramai diberitakan terlibat kasus ini. Siapa sajakah mereka?

Alba Fuad

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Alba Fuad

Pada 20 Februari 2012 lalu, artis lawas Alba Fuad resmi ditahan polisi karena terlibat kasus narkoba. Ia ditahan di Rumah Tahanan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Berdasarkan hasil tes urine, Alba Fuad terbukti positif mengkonsumsi narkotika.

Polda Metro Jaya menahan artis era 1980-an itu atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Seperti diketahui, keponakan musisi Ahmad Albar itu tertangkap saat tengah bersama dengan John Kei, Jumat malam, 17 Februari 2012, di Hotel C'One, Pulo Mas, Jakarta Timur.

Sebelum ditahan, aparat kepolisian telah menggeledah rumah Alba Fuad di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dari penggeledahan itu, ditemukan 0,5 gram sabu, bong, dan alat penghisap sabu.

Iyut Bing Slamet

Iyut Bing Slamet

Mantan penyanyi cilik Iyut Bing Slamet juga harus mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu karena terjerat dengan kasus barang haram. Ia resmi ditahan, 28 April 2011 lalu.

Iyut tertangkap tangan sedang mengkonsumsi narkotika jenis sabu, pada Maret tahun lalu di sebuah hotel di bilangan Jakarta Barat. Dari tangan putri aktor kawakan Bing Slamet itu, polisi berhasil menyita 0,4 gram sabu, lengkap dengan alat isapnya. Atas perbuatannya itu, Polri menjerat Iyut dengan Pasal 112 UU Narkotika.

Revaldo

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami

Revaldo

Selasa, 5 April 2011 mungkin menjadi mimpi buruk untuk bintang sinetron 'Ada Apa Dengan Cinta', Revaldo. Hari itu Pengadilan Negeri Jakarta Barat menjatuhi hukuman 7 tahun penjara dan denda sebesar Rp1 miliar untuknya.

Hukuman itu dijatuhkan karena Revaldo secara sah dan meyakinkan, terbukti melakukan permufakatan jahat tanpa hak melakukan penyalahgunaan narkotika bersama dua terdakwa lain, yaitu Muhammad Yamin dan Ali Imran.

Meski putusan ini dinilai pihak pengadilan lebih ringan dua tahun dari tuntutan JPU, tetap saja, Aldo sapaan akrab Revaldo sempat syok saat mendengar putusan itu dibacakan. Pada awal Februari lalu, JPU menuntut Aldo dengan hukuman 9 tahun penjara.

Seperti diketahui, Aldo ditangkap aparat kepolisian karena kasus narkoba pada 20 Juli 2010 lalu. Ia ditangkap polisi di kawasan Jakarta Barat.

Sebelumnya, pria yang juga bintang film 'Tebus' ini  sempat menjalani hukuman di penjara  karena kedapatan menyimpan sabu seberat 1 gram di saku celananya, 1 linting ganja, dan 5 butir ekstasi di kontrakannya di kawasan Jati Padang Baru, Pasar Minggu.

Ibra Azhari

Ibra Azhari

Karena kasus narkoba yang membelitnya, adik dari aktris Ayu Azhari, Ibra Azhari juga harus mendekam di penjara. Ia dijatuhi hukuman enam tahun penjara dan denda sebesar Rp800 juta dalam sidang putusan kasus narkotika yang melibatkan dirinya di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Jakarta, Rabu, 6 April 2011 lalu.

Meskipun lolos dari ancaman hukuman 20 tahun, majelis hakim memutuskan, Ibra terbukti bersalah. Ia dikenakan pasal dakwaan lain yaitu permufakatan kejahatan.

Hakim menilai hal yang memberatkan Ibra adalah pernah dihukum dalam kasus yang sama. Sementara yang meringankan, ia dianggap sudah mengakui perbuatan dan telah bersikap sopan di depan pengadilan.

Ibra tertangkap pada Senin, 23 Agustus 2010 karena diketahui memesan sabu-sabu seberat 5 gram melalui telepon. Itu merupakan kedua kalinya Ibra ditangkap karena kasus narkoba. Sebelumnya, pada 2003 ia juga masuk penjara karena kasus yang sama.

Selain itu, masih banyak artis Tanah Air yang terlibat dalam kasus narkoba. Mulai dari Andhika Kangen Band, drummer grup band P@di, Yoyo, hingga aktor senior Roy Marten. 

3 Toko Roti di Gaza Dibuka Kembali untuk Pertama Kalinya Sejak Perang Israel-Hamas Oktober 2023
Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"5 korban rata-rata luka bakar ada di kepala, tangan, dan kaki. Setelah kita evakuasi langsung kita larikan ke RSUD Mampang Prapatan," ujar Kompol David Kanitero.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024