Kisah Ratu Kecantikan yang Pernah "Bisu"

Kirsty Heslewood
Sumber :
  • Dailymail

VIVAnews - Berkomunikasi adalah salah satu modal untuk bersosialisasi, terutama bagi calon ratu kecantikan. Seorang kontestan Miss England, Kirsty Heslewood punya cerita soal gangguan bicara. Gadis 23 tahun tersebut pernah menjadi seorang anak yang "bisu" secara sosial, walaupun sebenarnya ia mampu berkata-kata.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Kirsty mengalami mutisme selektif sejak berusia empat tahun. Ini adalah sebuah bentuk gangguan kecemasan.

Seperti dilansir dari Dailymail, sebanyak 150 anak menderita selektif mutisme di Inggris. Penyebab masalah ini bervariasi, misalnya fobia, kecemasan, atau dikarenakan masalah dalam sensor informasinya. Hal ini juga dapat terjadi pada anak yang menderita kekerasan atau trauma.

Sejak duduk dibangku sekolah, Kirsty dikenal sebagai gadis kecil yang tidak bisa berbicara. Karena, saat berada di luar rumah, dia tak mampu mengeluarkan sepatah kata pun kepada orang lain. Namun, Kirsty akan berbicara seperti orang normal saat berada di rumah.

Gangguan yang biasanya terjadi pada anak-anak sering menjadi penghambat, terutama dalam interaksinya dengan orang lain. Gangguan akan terlihat ketika mereka mulai sekolah.

"Saya sangat pemalu dan takut tidak bisa membawa diri saat berbicara, meskipun saya ingin. Setiap pagi ketika saya masih di kamar, saya tidak berbicara sepatah kata pun," kata Kirsty.

Sewaktu duduk di bangku sekolah, gadis cantik ini hanya menanggapi pertanyaan-pertanyaan dengan isyarat seperti mengangguk-anggukan kepala. Berulang kali para guru mencoba untuk memancingnya berbicara, namun tak berhasil.

"Saya sebenarnya sangat ingin berbicara dan bermain seperti orang lain, tapi tak ada keberanian mengatakannya. Satu kata adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan dan saya tidak bisa melakukannya."

Ketidakmampuannya untuk berbicara atau kebisuannya ini ternyata membuat ragu orang lain, bahkan pihak sekolah. Mendengar hal tersebut, ibu Kirsty pun membuktikan bahwa anaknya memiliki suara dan bisa berbicara. Ia mengirimkan video Kirsty sewaktu anaknya berbicara di rumah, kemudian memberikan video tersebut kepada pihak sekolah untuk diperlihatkan kepada seluruh warga di sekolah, termasuk Kirsty.

Saat itu juga, semua orang mulai mengetahui bahwa Kristy bisa bicara, perlahan ia mulai berbicara dan beradaptasi dengan kebiasaan barunya. Rasa percaya dirinya kembali berkembang. Hal ini juga sangat mempengaruhi pendidikannya, nilai-nilainya bagus.

Setelah berhasil mengatasi kendala berbicara di usia tujuh tahun, Kirsty ditawari agen agar ambil bagian dalam kontes kecantikan. Alhasil, gadis blonde ini dinobatkan menjadi Miss Hertfordshire dan mendapatkan kesempatan untuk maju menjadi Miss Inggris akhir tahun ini.

"Saya tak sabat menunggu grandfinal Miss Inggris, katanya. Saya harus yakin memenangkan kompetisi ini, akan tetapi jika tidak menjadi juara, ini akan menjadi pengalaman yang menakjubkan bagi saya. Tidak hanya dapat menjalin persahabatan, tapi dapat meningkatkan kepercayaan diri, harga diri dan kemampuan saya untuk berbicara."

PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024