« Kembali
Lima Makanan Rendah Kolesterol
Bisa menikmati makanan lezat tanpa khawatir kadar kolesterol melonjak.
Anda Nurlaila, Stella Maris
Rabu, 30 Mei 2012, 09:45 WIB
Ikan banyak mengandung asam lemak omega 3. (UFM)
Ikan banyak mengandung asam lemak omega 3. (UFM)

VIVAlife - Mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak tentu saja dapat menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh. Terutama bagi mereka yang memang berisiko tinggi seperti mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Tapi ada beberapa makanan yang rendah kolesterol yang juga bisa menjadi makanan lezat, seperti dikutip dalam ivillage.

1. Makanan yang mengandung lemak dan minyak

Siapa bilang orang yang memiliki kolesterol tidak boleh makan gorengan? Menurut Ignatius Zaldy pemilik catering sehat di Jakarta, gorengan boleh saja diberikan asalkan digoreng dengan menggunakan canola oil.

Anda dapat menemukan makanan yang mengandung lemak sehat pada alpukat, selai kacang, dan kacang-kacangan seperti hazelnut, almond dan kacang pecan. Hal ini karena minyak nabati seperti minyak zaitun, kanola dan kacang juga kaya akan monounsaturates.

2. Makanan yang mengandung Omega 3

Omega3 adalah 'bintang' yang dapat melindungi jantung Anda dan meningkatkan peredaran darah dalam tubuh. Anda dapat menemukan omega3 pada makanan seperti ikan dan minyak ikan.

Ikan yang mengandung lemak seperti tenggiri, ikan kembung, sarden dan salmon adalah makanan yang kaya akan omega3. Pastikan ikan yang akan Anda makan disajikan dengan dibakar atau dipanggang bukan dengan cara digoreng. Tak hanya itu, tofu, kenari, dan biji nari juga makanan yang mengandung omega3.

Asosiasi Jantung di Amerika merekomendasikan untuk memakan ikan, khususnya ikan yang mengandung lemak, dan setidaknya dikonsumsi dua kali dalam seminggu.

3. Gandum dan biji-bijian

Kebanyakan orang memulai pagi harinya dengan sarapan oatmeal atau makanan yang mengandung gandum. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, dengan mencegah kolesterol yang dapat menyerap ke aliran darah.

Minimal setiap harinya tubuh Anda membutuhkan tiga gram serat yang dapat mencegah gejala penyakit jantung. Jika Anda dapat memasak  1 1/2 cup oatmeal artinya Anda telah mengkonsumsi serat sebanyak enam gram.

4. Kacang-kacangan

Tak hanya gandum yang memiliki kandungan rendah kolesterol, makanan kacang-kacangan juga merupakan salah satu sumber terbaik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang merah sebanyak setengah cup atau sekitar 65 gram setiap harinya dalam 12 minggu dapat menurunkan kolesterol sampai dengan delapan persen.

Penelitian lain telah juga telah menemukan bahwa kacang juga dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat. Kelebihan dari kacang adalah ia sebagai bahan dasar yang kaya akan kandungan protein dan sebagai pengganti lemak jenuh dan pengganti daging yang mengandung kolesterol.

5. Buah

Demi mencegah penimbunan kolesterol jahat dalam darah, Anda dapat menjaganya dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah seperti apel, pir, dan jeruk mengandung serat yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu buah-buahan ini kaya akan antioksidan yang dapat menyehatkan jantung Anda. (umi)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id