Konsumsi Vitamin Ini Saat Tubuh Lelah

Mata lelah akibat bekerja di depan komputer.
Sumber :
  • inmagine

VIVAlife - Rasa lelah bisa terjadi karena terlalu banyak aktivitas, kurang istirahat atau stres. Demi mengembalikan kondisi tubuh, beristirahat merupakan cara yang paling tepat. Agar tenaga pulih lebih cepat, konsumsi juga vitamin.

Saat tubuh selalu merasa lelah, bisa jadi Anda kekurangan Vitamin B12, B3, dan B2. Ketiga vitamin ini memiliki "tugas" sendiri, yang saat kadarnya dalam tubuh berkurang, maka Anda merasa sangat lelah.

Vitamin B12

Parkir Liar Kian Menjamur di Minimarket, Seperti Apa Aturannya?

Vitamin ini, seperti dilansir dari Livestrong, dapat membantu mempertahankan kesehatan saraf dan sel darah. Mereka yang kelelahan karena kurangnya asupan vitamin B12, biasanya akan menderita anemia megaloblastik (disebabkan pula karena kekurangan asam folat).
 
Selain kelelahan, ada gejala lain yang dirasakan jika kekurangan vitamin B12. Antara lain, lidah terasa sakit, serta gejala neurologis seperti memori yang lemah, terjadi masalah keseimbangan, mudah bingung dan kehilangan nafsu makan. 

Jika bayi kekurangan asupan vitamin B12, maka dapat mengganggu pertumbuhan. Terutama, mengganggu bertumbuhnya sistem syaraf dan dapat menyebabkan anemia pada bayi.

Kurangnya asupan nutrisi ini dapat diperbaiki dengan mengonsumsi makanan seperti telur dan daging.
 
Vitamin B3

Vitamin ini biasa dikenal dengan niasin dan memainkan peranan penting dalam metabolisme gula, lemak dan protein. Serta, dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan saraf.

Kekurangan vitamin ini biasanya terjadi pada para pecandu alkohol. Selain kelelahan, saat kekurangan vitamin B3 timbul juga masalah pencernaan, sariawan, lidah bengkak merah dan depresi.

Vitamin B2

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Vitamin B2 berperan dalam pembentukan sel darah merah, serta metabolisme pada gula, lemak dan protein. Vitamin ini juga kaya akan antioksidan dan dapat melindungi sel-sel dari kerusakan dan radikal bebas.

Jika Anda mudah lelah pada tubuh atau mata, memiliki masalah pada pencernaan, peka terhadap cahaya, dan mengalami sakit tenggorokan bisa jadi kekurangan vitamin B3.
 
Ada baiknya mulai berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui vitamin apa yang dibutuhkan. Termasuk, pemberian dosis yang tepat agar tubuh pulih lebih cepat. (ren)

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah
Parto Patrio

Parto Patrio Dilarikan ke Rumah Sakit

Dalam video itu, Parto terlihat memejamkan mata dalam perjalanan menuju ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024