Manjakan Perut di Fiesta Filipin

sayur bulalo
Sumber :

VIVAlife – Selain keindahan culture, Asia juga dikenal dengan kekayaan kulinernya. Salah satunya yaitu Filipina, kali ini saya berkesempatan untuk memanjakan lidah dengan cita rasa otentik Filipina.

Dalam acara Fiesta Filipin ini saya tak hanya menambah ilmu tentang wawasan kuliner saja, tetapi juga tentang kebudayaanya. Tarian khas Filipina menjadi pembuka acara festival ini, ternyata acara ini merupakan acara rutinan yang biasa diadakan oleh Millenium Hotel Sirih Jakarta.

Usai memanjakan mata dengan tarian, tiba saatnya untuk mengisi perut. Untuk hidangan pembuka kali ini saya mencoba hidangan Ensaladang Ampalaya. Ringan dan bercita rasa campur, pahit, asam dan gurih jadi satu di mulut.

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Karakteristiknya hampir seperti salad, pare rebus dicampur bersama bawang Bombay, dan tomat. Uniknya hidangan ini tidak menggunakan saus tetapi menggunakan taburan Crispy Pusit yaitu cumi asin yang digoreng renyah.

Di sini juga ada Bulalo, sup kacang panjang yang di-mix bersama kentang, daging dan saus ikan. Saat mencicip, rasanya hampir menyerupai sayur asam khas Jakarta. Bedanya yang ini mggunakan buah calamsi dan jeruk limau untuk menghasilkan easa segar.

Sebagai hidangan utama, saya dibuat pusing karena banyaknya pilihan. Pancit Palabok, yaitu mi beras yang dimasak dengan saus udang. Karena terbuat dari tepung beras, mi ini memiliki tekstur kenyal. Untuk melengkapi cita rasanya, sajian ini harus dinikmati bersama kerupuk kulit, ikan asap, tahu, telur rebus, cumi dan tak lupa taburan bawang goreng.

Karena masih penasaara dengan rasa hidangan lainnya, saya mencoba Chicken Galantina yaitu daging ayam kukus yang telah dihancurkan kemudian dicampur dengan sayur-sayuran. Tekstur lembutnya daging ayam sangat terasa ditiap potongannya.

Bukan di Jepang saja yang ada Kari, Filipina juga memiliki makanan ini. Kare-Kare namanya, tampak sama terdengarnya tapi tidak dengan isinya. Terbuat dari buntut sapi disajikan dengan kuah kental, tapi uniknya untuk kuah makanan ini dimasak bersama saus kacang.

Sebagai hidangan penutup kali ini, saya mencoba  Halo-Halo (dari bahasa tagalog ‘halo’ yang berarti campuran). Hidangan ini sangat populer di Filipina terutama saat musim panas. Perpaduan rasa manis kacang merah, kelapa, nangka, krim karamel, pisang raja manis, yang disandingkan dengan es krim, susu dan ubi ungu menjadikan es ini tampil sempurna.

Selain Halo-Halo, Filipin juga memiliki Biko yaitu kue beras yang disajikan bersama  saus caramel. Serta Turon yaitu kombinasi pisang dan nangka yang dihaluskan, lalu dibentuk roll dan disajikan dengan saus karamel dan keju parut.
 

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokhman

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Wakil Ketua Komisi III DPR RI mengatakan bahwa Polri sudah "on the track" dalam menangani kasus yang menjerat mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024