Minum 8 Gelas, Diet Akan Sukses?

Minum air
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAlife - Apakah Anda termasuk orang yang mengkonsumsi air minum secara berlebih? Jutaan orang sudah memenuhi standar konsumsi, yakni dua liter setiap harinya. Namun, seorang ahli nutrisi mengatakan, minum delapan gelas sehari tidak memberikan kontribusi apapun terhadap penurunan berat badan.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Seorang ahli diet, Dr Carrie Ruxton mengatakan jika orang-orang cenderung minum dalam jumlah banyak agar merasa kenyang, sehingga tidak perlu makan lagi. "Air minum digunakan sebagai strategi untuk mengurangi porsi makan. Biasanya mereka akan minum segelas air terlebih dahulu sebelum menyantap makanannya".

Buah dan sayuran memiliki peranan utama dalam memberikan cairan tubuh berkualitas yang sangat dibutuhkan. Seorang ahli gizi juga berpendapat bahwa dorongan untuk  mengkonsumsi banyak air lebih dikarenakan  oleh ketertarikan pribadi.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

Seiring dengan ini, penjualan air minum dalam kemasan menjadi naik pesat. Efek dari anjuran National Health Service yang menyarankan setiap individu untuk mengkonsumsi air dalam volume besar.

Seperti dikutip dari Daily Mail, anjuran minum dua liter per hari atau delapan gelas tidak terbukti untuk mendukung menurunnya angka timbangan. Minuman yang masuk ke dalam tubuh hanya akan menghasilkan urin lebih banyak.

Untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, memang takaran dua liter air sangat disarankan. Namun ini menjadi disalah artikan oleh masyarakat awam.

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Sumber air bukan hanya berasal dari air biasa apalagi air kemasan seperti yang sudah banyak dilakukan selama ini.

Spero Tsindos, ahli nutrisi dan diet di La Trobe University, Melbourne, mengatakan dalam sebuat editorial yang diterbitkan di Australian dan Selandia Baru, Journal of Public Health, bahwa tiga puluh tahun lalu ia jarang sekali menemukan botol-botol plastik yang mengemas air minum, namun sekarang air kemasan mudah sekali ditemukan, dan bahkan menjadi aksesoris mode.

Lihat saja, orang meletakkan kemasan botol air di tasnya sebagai identitas serba instan yang menandai kemajuan jaman.

Air dianggap sebagai produk yang membantu melangsingkan tubuh, dan kopi makin dijauhi karena dianggap sebagai penyebab dehidrasi.

Tsindos menambahkan, "Konsumsi air yang banyak tidak menurunkan berat badan, lebih baik Anda melakukan diet rendah kalori. Sebuah penelitian pun menemukan bahwa sumber air yang berasal dari makanan, seperti buah dan sayur memiliki lebih banyak manfaat dalan penurunan berat badan Anda, dibanding jika Anda tidak makan sama sekali".

Ia juga menambahkan pentingnya menjaga keseimbangan jumlah cairan tubuh dengan air minum, tapi juga harus dibarengi dengan buah dan sayuran. (adi)




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya