Surga Menyejukkan di Balik Panasnya Mumbai

Rani Jijamata Udyaan Park
Sumber :

VIVAlife - Menjelajah India, rasanya kurang jika Anda hanya menikmati eksotika Mumbai. Anda boleh saja menyusuri kulinenya, atau pasar-pasar tradisional yang menjajakan gemerincing aksesori yang menghiasi wanita-wanitanya.

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

Tapi di balik hiruk-pikuk kotanya, Mumbai juga menawarkan beberapa taman hijau yang sangat terawat. Pemerintah di sana sengaja membangun untuk memanjakan masyarakatnya.

Anda juga bisa singgah sejenak untuk sekedar melepaskan lelah dan menghirup oksigen yang mungkin sulit ditemui. Taman hijau ini seakan memayungi Mumbai dari udara panas yang cukup menyengat.

Identitas 7 Korban Tewas Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel

Berikut ini adalah taman-taman di Mumbai yang menyimpan keindahan sekaligus sejarah, seperti dikutip dari Times of India.
 
- Victoria Park
Taman yang berubah nama menjadi Rani Jijamata Udyaan ini merupakan tempat yang memiliki aura santai sekaligus sejuk di daerah Byculla. Pada pintu masuk, berdiri menara jam besar, yang mengingatkan kita pada arsitektur Renaissance Italia. Dibangun di area seluas 48 hektar, taman ini dikenal dengan pemandangan hijau yang subur dan indahnya kebun binatang botani yang menampung beberapa spesies hewan dan burung.
 
- Kamala Nehru Park
Kamala Nehru, terletak di atas  Bukit Malabar, Jika Anda ingin melihat pemandangan Mumbai, di sini tempatnya.  Salah satu yang menarik perhatian adalah rumah sepatu, banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai objek foto. Pada musim liburan sekolah, taman ini kerap dipenuhi rombongan anak-anak sebagai agenda tur wisata.

Kamala Nehru Park

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

- Hanging Gardens
Di taman yang kini dinamakan Ferozeshah Mehta Gardens ini, ada banyak jenis bunga yang ditanam dalam baris terpisah dari semak yang dipangkas artistik dalam bentuk binatang. Jerapah dan gajah misalnya. Ukuran tingginya pun terbilang cukup besar. Taman ini terletak di lereng bukit. Banyak juga film-film Bollywood yang melakukan pengambilan gambar di sini.
 
- BPT Gardens
The Bombay Port Trust adalah kebun raya yang terletak di Colaba, tempat ini berbatasan dengan laut. Termasuk cukup strategis karena dekat dengan pasar ikan grosir Docks Sassoon, taman ini memiliki kekayaan botani yang luar biasa. BPT juga merupakan tempat  yang menyenangkan untuk lari pagi.

- Sanjay Gandhi National Park
Sanjay Gandhi National Park telah diakui sebagai taman besar dan eksklusif. Meski terletak di batas kota, namun taman ini tidak pernah sepi pengunjung. Dahulu taman ini dikenal nengan nama Borivali National Park, taman ini menyimpan satwa-satwa liar yang pada awalnya dimaksudkan sebagai cagar alam di luar Mumbai. Selama musim hujan, tempat ini akan terlihat "hidup" dengan kicau burung di sekitarnya. Anak sungai yang membelah liku-liku taman memberikan kesegaran tersendiri. (eh)

sanjay gandhi national park

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya