TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Cara Murah Langsingkan Tubuh: Tidur Nyenyak

Orang-orang yang mengalami waktu tidur kurang cenderung memiliki nafsu makan tinggi.
Cara Murah Langsingkan Tubuh: Tidur Nyenyak
biasakan tidur cukup sekitar delapan jam sehari (inmagine)

VIVAlife - Tidur tak hanya terapi yang menyegarkan tubuh, tapi juga menjadi cara terbaik yang mendukung penurunan berat badan. Tidur yang cukup membuat hormon ghrelin dalam tubuh berkurang. Hormon yang merangsang nafsu makan.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami waktu tidur kurang, mengalami peningkatan jumlah kalori yang signifikan akibat ngemil. Dibanding dengan orang-orang yang memiliki waktu tidur cukup.

Penelitian membuktikan bahwa kekurangan waktu tidur merangsang hasrat ngemil. Di mana kebiasaan ini mendorong konsumsi karbohidrat lebih banyak, protein lebih sedikit, dan cenderung tidak banyak mengonsumsi sayur-sayuran.

Terlepas temuan itu, pakar kebugaran dan gaya hidup, Christine Fee, sudah berulang kali mengingatkan pentingnya kualitas tidur terhadap penurunan berat badan.

"Tidur benar-benar dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Selama tidur, tubuh memetabolisme karbohidrat secara efisien untuk digunakan sebagai sumber energi," katanya.

Sementara kebiasaan tidur yang buruk menciptakan ketidakseimbangan hormon yang memainkan malapetaka terhadap metabolisme tubuh.

"Kurang tidur mengganggu proses metabolisme dan menyebabkan timbunan lemak meningkat, dan efeknya berat badan bertambah. Kurang tidur memicu rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan. Bahkan, tak jarang memancing kelaparan emosional."

Melihat manfaat positif tidur cukup setiap malam, simak beberapa tips agar sukses melakukan beauty rest.

1. Luangkan waktu tidur cukup.
Cobalah untuk melakukan tugas di malam hari seperti mengirimkan email ke teman atau rekan kerja anda lebih awal agar anda memiliki waktu tidur yang lebih lama. Jika Anda menyediakan waktu tidur lebih lama dari biasanya, misalnya tujuh sampai delapan jam setiap malam, Anda bisa menurunkan berat badan sekitar tujuh kilogram setahun.

2. Disiplin dengan waktu tidur.
Anda tidak dapat selalu mengontrol kapan Anda bangun, namun Anda dapat memastikan untuk pergi tidur pada jam tertentu agar waktu istirahat teratur. Jangan cuma untuk bangun pagi, pasang juga alarm untuk mengingatkan Anda waktu tidur.

3. Tidur dalam ruang redup.
Suasana terbaik yang dapat membantu Anda untuk lebih cepat tertidur dan tidur pulas adalah temaram, sunyi, dan dingin atau sejuk. Jika perlu pakai masker mata untuk menghindari paparan cahaya dengan sempurna. Usahakan juga untuk mematikan semua cahaya dari alat-alat elektronik seperti televisi dan komputer. Kondisi temaram atau gelap dapat menstimulasi produksi zat melatonin dalam tubuh, yaitu hormon yang merangsang timbulnya rasa kantuk.

4. Lakukan ritual relaksasi.
Stres dapat mengganggu tidur atau waktu istirahat. Cobalah redakan dengan melakukan relaksasi seperti teknis bernapas, meditasi atau olahraga yang menenangkan otot. Anda juga dapat mencoba mendengarkan musik lembut di telinga atau mandi air hangat sebelum tidur. Saat tubuh relaks, detak jantung dan pernapasan melemah, pertanda Anda siap beristirahat.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP