7 Filosofi Kue Pengantin di Dunia

fashion cake
Sumber :
  • Allwomenstalk.com

VIVAlife – Selain gaun pengantin yang indah, kue pengantin juga kerap menjadi sorotan saat pesta pernikahan. Sebenarnya, kehadiran wedding cake saat pesta bukanlah sebagai penghias pesta saja, tetapi juga sebagai simbol.

Bahkan setiap negara memiliki tradisi masing-masing dalam menyiapkan kue pengantin saat pesta. Pernikahan di Amerika sangat khas dengan desain kue bertingkat dan ornamen indah. Namun, tidak di Yunani dan Jepang. Negara ini menggunakan manisan almond dan Herring roe sebagai simbol pernikahan.

Bes Casados, Brazil

Starlink to Conduct Trial at IKN Nusantara

Dalam bahasa Portugis nama kue ini mengacu pada kata “bahagia”. Kue tradisional ini wajib disajikan saat pesta pernikahan. Bes Casados, terbuat dari dua sponge cake yang direkatkan dengan krim yang terbuat dari dulce de leche (saus caramel). Nantinya kue ini akan dibungkus dengan pita dan diberikan pada tamu di akhir pesta.

Kacang Kola, Nigeria

Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

Dalam suku Igbo, Selatan Nigeria, kacang kola umumnya digunakan untuk pengobatan. Kafein yang tinggi dapat meredakan rasa lapar dan membangkitkan energi. Kacang ini juga menjadi salah satu pokok dalam mahar pengantin di Nigeria. Menurut kepercayaan, kacang ini adalah simbol pasangan untuk menyatukan perbedaan yang ada dalam pernikahan nantinya.

Rice Bowl Soup, Cina

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Di Cina, setiap pengantin harus menyantap tang yuang (sup bola beras) saat hari pernikahan. Rasa manis pada sup akan membawa pasangan pengantin pada dunia pernikahan yang manis. Sedangkan lapisan bola yang halus melambangkan perjalanan pernikahan yang halus tanpa hambatan.

Fruitcake, Inggris
Tradisi ini mulai hilang di Inggris sejak abad pertengahan. Mereka percaya, kue yang dihiasi dengan manisan buah dan kacang ini akan membawa kesuburan dan keberuntungan bagi pasangan yang menikah.

Almond Yordania, Yunani
Permen berlapis almond biasanya disajikan di pesta pernikahan Yunani. Rasa kacang yang sedikit pahit dan lapisan gula yang manis, melambangkan pasang surutnya pernikahan. Maksudnya, permen ini akan memberikan harapan bahwa akan ada yang lebih manis di saat ada rasa pahit (penderitaan). Uniknya, permen ini akan dimasukkan dalam kantung dalam jumlah ganjil. Karena angka ganjil berati terpisahkan, itu tandanya pasangan tidak akan dipisah-pisahkan.

Madu dan Yogourt, India

Sebagai pengganti kue pengantin, dalam pesta pernikahan Hindu pasangan pengantin harus menikmati madu dan yogourt. Dua sajian ini disebut dengan mdhupak atau penawaran. Rasa manis madu menjadi simbol awal pernikahan yang manis, sedangkan yogourt melambangkan kesehatan yang kekal.

Kazunoko, Jepanng

Di Jepang, ikan herring (kazunoko) melambangkan kesejahtraan keluarga. Sajian ini menjadi salah satu deretan sushi yang banyak digemari di Negeri Sakura, terutama saat perayaan tahun baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya