Cluster Headache, Sakit Kepala Ekstrim

Sakit Kepala
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAlife - Kepala berdenyut-denyut karena sakit kepala atau migrain memang sangat menyakitkan. Namun, pada sebagian orang yang mengalami sakit kepala kluster, nyeri migrain masih biasa saja.

Sakit kepala kluster atau Cluster Headache adalah sakit kepala langka dan sangat menyakitkan. Diperkirakan penderitanya hanya satu persen dari penduduk dunia. Serangan sakit kepala terjadi dalam berpola, bisa dalam hitungan jam setiap hari yang berulang dalam beberapa minggu. Serangan terjadi dengan tiba-tiba dan berhenti dengan tiba-tiba juga.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Gejala dan Pencegahan

Beberapa gejala sakit kepala klaster, seperti dikutip Mayo Clinic antara lain:  
- Sakit kepala tak tertahankan pada sekitar mata yang merambat ke area lain di wajah seperti kepala, leher dan pundak
-Sakit pada satu sisi kepala
-Keluar air mata berlebihan
-Mata memerah dan hidung mengeluarkan lendir
-Bengkak pada mata, ukuran pupil mata mengecil dan kelopak mata yang layu

Meski penyebab pastinya belum diketahui, ahli berpendapat, ketidaknormalan dalam hypothalamus menjadi sumber sakit kepala ini. Faktor hormon seperti melatonin dan kortisol serta neurotransmitter pada syaraf otak juga memungkinkan terjadinya sakit kepala kluster.

Penderita sakit kepala kluster sebagian besar adalah pria dewasa. Aktor pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe adalah salah satu pesohor yang mengalami sakit kepala ekstrim ini. Perokok dan mereka yang minum alkohol, serta riwayat dalam keluarga juga meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala kluster.

Kendati banyak menggunakan obat penghilang rasa sakit, sebenarnya penggunaan obat-obatan sama tak berguna. Pencegahannya adalah mengurangi serangan dan tingkat keparahan dengan menghindari nikotin dan alokohol yang sering memicu sakit kepala kluster. (eh)

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan
Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024