« Kembali
Batu Ampar, Surga Wisata Terpendam di Bali
Snorkeling sekaligus trekking, paket wisata paling menggoda.
Wuri Handayani, Bobby Andalan (Bali)
Jum'at, 29 Juni 2012, 11:41 WIB
Jalak putih, salah satu spesies langka di Bali. (zoochat.com)
Jalak putih, salah satu spesies langka di Bali. (zoochat.com)

VIVAlife - Tak dipungkiri, Bali boleh dikatakan sebagai pulau yang memiliki panorama paling menarik. Hampir setiap sudut bisa dijadikan destinasi wisata. Sebut saja Pantai Kuta, Pantai Sanur, Tanah Lot, Kebun Raya Bedugul, dan yang lainnya.

Satu lagi surga pariwisata di Bali. Batu Ampar. Kawasan yang terletak di barat Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng ini memang masih jarang tersentuh. Tapi namanya sudah cukup kondang di belahan Eropa dan Asia.

Sebenarnya daerah ini merupakan paket wisata lengkap yang siap memanjakan Anda. Daya tarik bawah laut sekaligus puncak bukit yang digunakan sebagai Taman Nasional Bali Barat (TNBB), merupakan konservasi satwa langka. Anda juga bisa melihat sejumlah pura bersejarah dan aktivitas masyarakat yang unik di perbukitan ini.

Atraksi wisatanya pun beragam. Di laut, wisatawan bisa menyelam atau sekadar berkeliling naik perahu sembari menyaksikan matahari tenggelam di balik Pulau Menjangan. Di atas bukit wisatawan bisa berkeliling naik kuda, trekking atau sekadar jalan-jalan sambil memandang laut dari celah pepohonan.

taman nasional bali barat

"Keindahan kawasan wisata Batu Ampar merupakan mutiara terpendam dari utara," kata Puspaka, Sekretaris Daerah Kabupaten Bueleng.

Sementara I Gede Kordin Yudiasa, Sekretaris desa Pejarakan  memaparkan, kawasan Batu Ampar dan sekitarnya merupakan daerah pantai dan perbukitan dengan suasana yang damai dan tertata bagus. Di antara laut dan bukit terdapat sejumlah desa yang dihuni sebagian besar masyarakat petani dan nelayan.

Kawasan wisata Batu Ampar memiliki panjang pantai 17 kilometer yang terbagi menjadi lima desa , termasuk Desa Pejarakan. Sebelum dirintis menjadi kawasan wisata eksklusif, daerah ini termasuk dataran pantai yang gersang, kumuh dan tak beraturan. Kawasan ini baru direnovasi pada akhir 1980an.

"Selain kawasan eksklusif, di wilayah Batu Ampar dan sekitarnya juga terdapat banyak Pura bersejarah yang kerap dikunjungi masyarakat umum, seperti Pura Pulaki, makam Jayaprana dan Layonsari serta Pura lain yang tersebar di atas bukit hingga pura di Pulau Menjangan," ujar Yudiasa.

Para wisatawan bisa memilih jalur trekking yang sudah disediakan, atau melihat burung jalak putih yang merupakan satwa langka. Anda akan ditemai para pemandu wisata untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

taman nasional bali barat

Yudiasa menambahkan, pada tahun 2010 jumlah wisatawan sudah mencapai 263.075 orang, namun tetap dengan dominasi turis asing.

Salah satu wisatawan asal Australia, Anthony Catalain usai snorkeling mengatakan, Batu Ampar menyajikan panorama alam bawah laut dengan karang laut yang masih asri, taman karang di daerah ini tidak kalah indahnya dengan taman laut di daerah lain. Suasananya, sangat nyaman dan tenang, bahkan masyarakatnya pun sangat ramah.

Anda tertarik menjajal tantangan keindahan bawah laut dan berkeliling bukit? Di sini tempatnya.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id