Ngariung di Restoran Sunda

Resto Sapu Lidi
Sumber :
  • Dok. Resto Sapu Lidi

VIVAlife - Tak perlu pulang kampung untuk menikmati momen menyenangkan, makan di atas saung pinggir danau atau di tengah sawah. Untuk menuntaskan kerinduan akan kampung halaman, beberapa restoran kini dibangun dengan suasana pedesaan yang menghanyutkan.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Talaga Sampireun

Seperti di kawasan Bintaro. Resto Talaga Sampireun yang terletak di pinggir jalan menggugah rasa untuk singgah. Terlebih saat malam hari, resto diternagi oleh lampu-lampu yang berkesan romantis.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Talaga Sampireun, yang berasal dari bahasa Sunda ini berarti tempat singgah di tepi danau. Seperti dikatakan oleh Ayat, manajer Talaga Sampireun, "Konsep back to nature yang kami usung, membuat pengunjung seolah-olah berada di desa.”

Selain suasana makan di atas danau, makanan di resto ini pun bikin Anda ingin balik lagi. Yang dijagokan di sini adalah Gurami Terbang atau Sup Iga Talaga Sampireun. Ikan gurami yang segar dan baru dimatikan sesaat sebelum digoreng membuat daging ikannya terasa manis. Digoreng kering dan lalu dicocol dengan sambal kecap. Sedangkan Sup Iga Talaga Sampireun-nya terasa asam segar berkat limpahan tomat hijau dan belimbing wuluh. Disantap dengan nasi hangat mengepul membuat tangan seolah tak bisa berhenti menyuap lagi...dan lagi....

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Untuk yang ingin berkunjung bersama buah hati, ada istana bermain untuk anak. Tak hanya itu, danaunya yang didesain layaknya telaga juga diisi dengan ikan peliharaan berwarna warni. Anak-anak juga bisa menikmati suasana santap seru sambil memberi makan ikan. 

Alamat: Blok B7/ N1 Boulevard Bintaro Jaya Taman Menteng/ Kawasan Niaga Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan. Telp. (021) 7453999

Jam buka: 10.00 - 22.00 WIB

Harga: Rp20.000 - Rp180.000 per porsi

Talaga Sampireun

Sapulidi Cafe & Resort

Terletak di lereng hijau subur kawasan Bandung, Sapulidi Cafe & Resort benar-benar menyatu dengan alam. Apalagi letaknyapun tak jauh dari pusat kota Bandung, hanya sekitar 20 menit perjalanan bermobil. 

Tempat makan satu ini benar-benar asri. Tetap mengusung tema saung, namun dibangun di tengah area persawahan. Makan di resto ini, benar-benar terasa bagai menikmati makanan di alam pedesaan. 

Variasi menu tradisional Sunda yang ditawarkan memiliki cita rasa lezat dan kaya aroma. Mulai dari Ayam KahaseupanAyam Bakar Daun, dan Sapi Gigibrik. Atau, Ayam Warisan, Cumi Dag Dig Dug, dan Ramuan Nenek Sihir. Dengan nama-nama makanan yang unik, pasti membuat Anda penasaran untuk mencicipinya.

Sambil menikmati udara sejuk di atas hamparan sawah hijau, semilir anginnya menambah nafsu makan makin menggebu. Nasinya dengan asap panas mengepul, dihidangkan dalam bakul kayu bersama hidangan istimewa lainnya. Ditata apik di pinggir sawah layaknya menikmati makanan prasmanan. Jika ingin lebih santai, hidangan menu istimewa itu juga bisa di tata di atas saung. Ehmmm.. benar-benar nikmat dan menggoda.

Alamat: Jl. Sersan Bajuri Kompleks Graha Puspa Cihideung, Lembang, Bandung. Telp. (022) 2786461.

Jam buka: 10.00 - 21.00 WIB. 

Harga: Rp15.000 - Rp75.000 per porsi

Sapulidi Cafe & Resto

Gubug Makan Mang Engking

Restoran Gubug Makan Mang Engking. Terletak di dekat salah satu univesitas negeri ternama, restoran ini sudah menjadi favorit banyak orang. Konsep tata ruang dan bangunan berupa gubug atau saung dengan pemandangan taman, kolam ikan, kebun sayuran, serta Danau Salam UI yang asri, membuat pengunjung betah berlama-lama ngariung di tempat ini. 

Hidangan Sunda menjadi kekuatan menu di sini. Yang harus dicicipi adalah Gurame Cobek dan Udang Bakar Madu yang menggoda. Dua menu ini menjadi menu andalan yang banyak dipesan pengunjung.

Saat mencicipi Gurami Cobek-nya terdeteksi rasa pedas yang bikin lidah menari-nari. Ingin berhenti menyuap, namun tak bisa karena cita rasa gurih yang bikin nagih. Daging guraminya pun tidak tercium aroma tanah dan cita rasanya manis. 

Sedangkan Udang Bakar Madu adalah favorit banyak pengunjung. Udang dengan kualitas yang prima dipanggang dengan timing yang tepat hingga tidak terasa "layu". Manis madu yang membungkus udang juga membuat mulut seolah tak kuasa berhenti menyuap. 

Alamat: Danau Salam, Kampus UI, Depok. Telp. (021) 99569150

Jam buka: 09.30-21.00 WIB

Harga: Rp5.000 - Rp65.000 per porsi

Salah satu menu makanan di Resto Mang Engking Depok


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya