Cara Mudah & Murah Tangkal Diabetes

Diabetes
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAlife - Diabetes merupakan salah satu risiko kesehatan terbesar yang dihadapi dunia saat ini, dengan proyeksi kasus mencapai 550 juta penderita pada tahun 2030.

Diabetes terjadi akibat rusaknya sel-sel yang yang memproduksi insulin di pankreas, sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk mengatur kadar gula darah. Gejalanya diperlihatkan dengan kadar gula darah tinggi dan ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin.

Tak hanya berhubungan dengan faktor genetik dan makanan mengandung gula, sejumlah faktor lain juga dapat memicu timbulnya penyakit kelainan kadar gula darah, seperti stres, obesitas, dan gaya hidup tak sehat.

Tim peneliti Universitas Washington dan Universitas Pittsburgh mencoba mencarikan solusi untuk melawan risiko penyakit ini. Lewat studi yang dipublikasikan di Jurnal Diabetes Care, mereka membuktikan efektivitas olah fisik.

"Aktivitas fisik sederhana berhubungan dengan tingkat risiko diabetes lebih rendah," tulis para peneliti, dikutip Reuters. "Kebiasaan berjalan kaki setiap hari sudah cukup menurunkan risiko diabetes bagi mereka yang tak pernah olahraga."

Studi melibatkan 1.826 warga Amerika yang masuk kategori obesitas dengan indeks massa tubuh rata-rata 32. Berdasar pengukuran pedometer, Mereka yang memiliki kebiasaan berjalan kaki 5.400 sampai 7.799 langkah setiap hari memiliki risiko diabetes 26 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang berjalan kurang dari 3.500 langkah per hari.

Temuan ini sejalan dengan penelitian di Australia tahun lalu yang dipublikasikan di Jurnal BMJ. Hanya dengan meningkatkan aktivitas berjalan kaki setiap hari, Anda bisa mendapat manfaat mempertahankan sensitivitas terhadap insulin terkait pencegahan mencegah diabetes.

American Diabetes Association merekomendasikan memulai kebiasaan berjalan kaki 10 menit sehari dengan kecepatan senyaman mungkin. Tingkatkan durasi perlahan sampai terbiasa dengan berjalan kaki 30 sampai 45 menit per hari.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
Timnas Indonesia

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23. Itu setelah mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat dini har

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024