Berbusana Tepat Saat Wawancara Kerja

wanita karier
Sumber :

VIVAlife -  Aturan berpakaian di setiap perusahaan atau kantor biasanya berbeda. Sehingga, terkadang sulit bagi beberapa wanita memilih pakaian yang akan dikenakan saat wawancara kerja. Bagi Anda yang kesulitan atau belum memiliki pengalaman, dapat melihat cara berpakaian orang-orang saat ke kantor.

Sebaiknya hindari memakai warna-warna yang terlalu mencolok, motif besar, logo dan minimalisir pemakaian perhiasan. Kenakan pakaian yang membuat Anda nyaman dan tidak menggunakan rok super mini dan ketat yang akan naik ketika Anda duduk.

Sebelum Anda meninggalkan rumah, ada baiknya memilih pakaian yang benar-benar tepat, karena kesan pertama terletak pada penampilan Anda. Berikut beberapa hal-hal yang harus Anda perhatikan.

1. Setelan nyaman

Gunakan setelan atau dress yang fashionable. Pastikan ukuran pakaian pas dengan ukuran tubuh dan menciptakan kenyamanan bagi Anda.

2. Siapkan pada malam hari

Siapkan baju yang akan Anda gunakan untuk wawancara pada malam sebelumnya dan cobalah terlebih dahulu. Jangan sampai Anda bingung menentukan baju yang ingin dipakai dan malah justru terlambat menghadiri wawancara.

3. Atasan tertutup
Jika Anda tidak menggunakan jaket atau blazer, usahakan pilih kemeja atau blouse yang menutupi lengan. Berbusana tanpa lengan mungkin boleh dipakai di lingkungan kerja, namun tidak saat wawancara. Lalu jika mengenakan jaket atau blazer, saat wawancara berlangsung jangan membukanya, karena berkesan tidak sopan.

4. Sepatu sopan

Banyak orang yang mengatakan, "Anda bisa menilai seseorang dari sepatu yang mereka pakai". Untuk itu jika Anda akan menghadiri wawancara kerja atau bisnis, gunakan sepatu yang sopan dan tertutup. Sebaiknya hindari mengenakan sepatu bertali.

5. Rambut tertata rapi
Perhatikan rambut Anda. Potongan rambut yang rapi dan stylish adalah hal yang sangat penting untuk membentuk citra profesional.

6. Percaya diri

Jangan lupa bahwa Anda harus percaya diri dengan penampilan serta kemampuan. Berikan kesan sebaik-baiknya, dengan memperhatikan setiap detail dari penampilan. Hindari juga mengenakan riasan dan aksesori berlebihan. Lebih baik tonjolkan tampilan yang profesional dan sesuaikan dengan lingkungan perusahaan yang Anda incar. (sj)

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini
Ilustrasi warga Wamena, Papua memasukan kertas suara saat berikan hak suaranya pada Pemilu

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Selain Kabupaten Puncak, pengawasan di Papua Tengah juga dikhawatirkan tak bisa maksimal saat Pilkada 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024