Sajian Mewah Terong Lintas Negara

Stuffed Eggplant
Sumber :
  • inmagine

VIVAlife - Mendengar kata terong kita mungkin langsung membayangkan beragam masakan tradisional seperti balado terong, sayur lodeh terong, atau semur terong.

Terlepas keunikan rasanya, terong menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Kolaborasi kadar potasium (kalium) yang tinggi dan sodium (natrium) yang rendah berperan dalam pencegahan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Kandungan flavonoid dan antioksidan di dalamnya juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Mengandung senyawa terpen yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Sementara kandungan serat yang tinggi cukup bersahabat bagi saluran cerna.

Meski identik dengan masakan tradisional, terong rupanya juga populer di mancagera: Italia, Meksiko, dan Jepang. Jika ingin menikmati terong dengan sentuhan lebih modern, tak ada salahnya menjajal menu terong berikut!

1. Stuffed Eggplant

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Terong yang telah dipotong menjadi dua bagian memanjang diambil sedikit isinya hingga membentuk lubang. Campur daging terong yang sudah diambil dengan bawang putih cincang, daging, saus tomat dan keju. Masukkan campuran tersebut ke dalam terung lagi lalu panggang hingga matang.

2. Eggplant Spread

Siapkan terong yang sudah dipotong-potong, bawang putih, bawang bombay dan paprika. Campur. Bumbui dengan sedikit garam, merica, dan sedikit minyak zaitun. Panggang adonan ini hingga matang merata.

Setelah matang, masukkan ke dalam blender. Campur dengan pasta tomat atau tomat yang sudah dibersihkan. Blender sampai halus. Anda dapat menyajikan hidangan ini sebagai olesan roti panggang atau kentang goreng.

3. Yakinasu

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Masakan khas Negeri Sakura ini mudah dan cepat untuk dibuat. Cukup memanggang terong yang sudah dikupas kulitnya atau terong utuh. Setelah matang, siram dengan saus miso. Jika tak ingin dipanggang, Anda juga dapat membakarnya di atas api kecil.

4. Eggplant Casserole

Terong yang telah dipotong-potong bisa ditumis terlebih dahulu dengan bawang putih. Atau, langsung disusun di sebuah pinggan anti panas. Misalnya: bolognese, adonan terong, cream, atau pesto kemudian diberi keju parmesan atau mozzarella. Beri saus pasta sesuai selera.

5. Eggplant Tempura

Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan tempura. Jika biasanya menggunakan udang, kali ini Anda bisa menjajal tempora dari terong. Potong terong tipi-tipis lalu baluri dengan tepung panir, goreng dengan minyak panas. Sajikan dengan saus tempura yang biasanya terdiri dari campuran soyu (kecap asin Jepang) dan jahe yang sudah direbus.

Plt Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Chatarina Muliana.

Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dihimbau untuk tidak terjebak dalam bujukan untuk membeli kelulusan dengan membayar sejumlah uang.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024