Ajari Anak Anda Berani

VIVAnews -  Peristiwa kekerasan yang dilakukan anak-anak di sekolah pada temannya semakin sering terjadi. Menurut Rabbi Shmuley, konselor keluarga seperti dikutip Oprah,com, anak-anak sekarang cenderung lebih aresif, karena terpengaruh tontonan TV, video games dan film.

Pernikahan saat ini juga dinilai tak sekokoh dulu. Banyak orang tua yang suka bertengkar satu sama lain, dan anak-anak menyerap agresi dari mereka “Ketika anda bertengkar dengan pasangan anda, akan lebih sulit untuk mendisiplinkan anak anda, dan si anak berpotensi menjadi pelaku kekerasan,” kata Shmuley.

Anak-anak sekarang juga cenderung lebih pemarah. Mereka marah atas ketidakpedulian orang tua mereka. “Semakin orang tua kurang memperhatikan mereka, anak semakin benci, dan mencari korban di sekitar mereka untuk menyalurkan agresi mereka,” kata Shmuley.

Anak-anak sekarang mengalami kekerasan dari orang tua mereka. “ Orang tua sibuk bekerja dan lelah. Daripada menginspirasi anak-anak mereka dengan percakapan dari hati-ke hati, mereka malah meneriaki anak-anak mereka, mengkritik, dan anak-anak menjadi pelaku kekerasan, “jelasnya.

Bila anak anda mengalami perlakuan kekerasan di sekolahnya, berikut tips yang harus anda ajarkan pada mereka.
.
1. Jangan tunjukan rasa takut pada pelaku. Jangan merespon tapi juga jangan lari. Rabbi Shmuley mengatakan agar diabaikan saja, lakukan aktivitas seperti normal seakan mereka tak ada disana.

2. Pastikan pada pelaku, bahwa anda akan melaporkan mereka. “Bila diancam oleh pelaku, katakan bahwa saya tak takut dengan kamu dan saya akan laporkan kamu pada guru, dan saya tak peduli dengan perkataan kamu,” kata Shmuley.

3. Laporkan si pelaku kepada guru atau kepala sekolah. Juga pulanglah dan laporkan pada orang tua.

4. Jangan balas perlakuan kekerasan mereka. Anak anda tak perlu menunjukkan bahwa mereka juga bisa mengintimidasi balik, karena dalam prosesnya nanti anak anda akan kehilangan kepolosan mereka. Ajari anak anda untuk berani berdiri menghadapi si pelaku dan melaporkan perlakuan mereka.

5. Orang tua perlu melakukan tindak lanjut. Telepon sekolah dan pastikan guru atau kepala sekolah tahu bahwa anda tak akan mentoleransi anak anda menjadi korban kekerasan. “Bila anda merasa guru atau kepala sekolah tak memperhatikan dengan serius laporan anda, temui dewan sekolah. Jangan tempatkan anak anda di lingkungan yang akan menyakiti mereka. Anda sebagai orang tua bertanggung jawab sepenuhnya atas keamanan anak anda, “ kata Shmuley.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya
Bangunan SDN 4 Kolakasi roboh setelah tertimpa tanah longsor di Kabupaten Kolaka

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Beruntung longsor ini terjadi di luar jam pembelajaran anak-anak sekolah hingga tidak menimbulkan adanya korban. "Kejadiannya ini untung anak sekolah sudah pulang semua."

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024