Insiden "Joker" Warner Bros Merugi?

Film The Dark Knight Rises
Sumber :
  • thedarkknightrises.com

VIVAlife - Dunia film gempar akibat tragedi penembakan yang terjadi pada pemutaran film 'The Dark Knight Rises'. Imbasnya, studio-studio di Hollywood tidak merilis box office pada hari ini, Minggu 22 Juli 2012.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

Padahal, Jumat lalu, serial Batman ini berhasil meraup USD 74 juta di Amerika Serikat dan Kanada. Seorang pengamat film memprediksi, angka itu akan meningkat mencapai USD173 juta sampai Sabtu kemarin.

Namun, Warner Bros sebagai distributor tak merilis update data tersebut. Studio-studio besar di Hollywood pun memutuskan tidak menyebutkan angka penjualan pada akhir pekan ini.

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

"Kami dan pihak Warner Bros sepakat untuk tidak melaporkan perkembangan angka penjualan selama masa berkabung," demikian pernyataan Sony Pictures, seperti dikutip dari Reuters.

Hollywood.com yang biasa menerbitkan angka penjualan pun, tidak yakin minggu ini akan menerbitkan daftar box office. Demikian pula dengan pihak Warner Bros, yang menolak berkomentar bahkan soal penjualan pada Jumat malam.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Apakah itu berarti Warner Bros merugi? "Tragedi penembakan itu banyak diberitakan sehingga menimbulkan efek kejutan yang membuat orang-orang menjauh," komentar mantan kepala pemasaran Columbia Pictures, Peter Sealey.

"Tapi itu hanya jangka pendek. The Dark Knight Rises masih akan dimainkan lima sampai enam minggu lagi, dan akan menjadi bisnis yang besar," lanjutnya.

Proyek ini memang merupakan film yang ditunggu-tunggu, sebelum seorang pria bersenjata menembaki penonton di Aurora, Colorado. Kejadian yang menewaskan 12 orang ini, membuat Warner Bros membatalkan premier di Paris. Juga penampilan cast and crew di Meksiko dan Jepang.

Padahal, sebelum debutnya, film ini diprediksi membuka penjualan akhir pekan di kisaran USD170- 198 juta. Warner Bros sendiri memproduksi film ini dengan budget USD250 juta dan menghabiskan puluhan juta lainnya untuk pemasaran. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya