Osteoporosis Ancaman Baru Kaum Muda

Nyeri Punggung
Sumber :

VIVAlife - Osteoporosis tidak lagi identik dengan wanita usia menopause. Para ahli menemukan tren baru, bahwa kerapuhan tulang ini justru dialami wanita usia 20 hingga 30-an.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Dr Jashan Vishwanath, seorang konsultan ahli bedah ortopedi mengatakan, penyakit ini akan muncul jika massa tulang menurun.
"Kasus  osteoporosis ini biasanya dimulai setelah menopause. Namun, sekarang justru banyak ditemukan pada wanita yang lebih muda," kata Dr Vishwanath.

Osteoporosis ini memang sulit dideteksi karena tidak menunjukkan gejala yang jelas. Anda mungkin dapat lebih waspada jika sering mengalami nyeri otot dan tulang secara tiba-tiba pada daerah leher.

Kurangnya kalsium dan vitamin D yang kerap disebut sebagai pemicu, ternyata tidak menjadi penyebab utama. Gaya hidup seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol dan minuman soda, kurang olahraga, dan obesitas tercatat sebagai penyebab osteoporosis pada usia muda.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Selain itu juga penggunaan obat-obatan seperti steroid, dan masalah medis yang berhubungan dengan ovarium pun dapat memicu kondisi pengeroposan tulang.

"Umumnya tulang memiliki dua komponen utama,  matriks protein dan kolagen, serta garam kalsium. Kekuatan tulang maksimum akan dikembangkan pada usia 25 tahun, setelah itu baru akan menurun seiring bertambahnya usia. Jadi kita perlu mengembangkan kekuatan tulang pada tahun-tahun awal mereka. Wanita cenderung kehilangan 30 persen  kalsium tulang mereka pada periode permenopause. Oleh karena itu, suplemen paling dibutuhkan saat itu. "

Osteoporosis sebenarnya dapat dikelola sendiri. Anda hanya disarankan untuk menggunakan suplemen kalsium dan vitamin D3, lebih sering terpapar matahari, dan melatih kekuatan tulang dengan melakukan jalan kaki setiap hari.  Tentu saja ini juga harus diimbangi dengan asupan buah dan sayur, menurangi kafein, dan menghentikan kebiasaan merokok.  (sj)

 

Hard Gumay

Ramal Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Hard Gumay: Pokoknya Selesai

Terhadap perkembangan kasus korupsi tersebut, Hard Gumay memprediksi bahwa kisah Sandra Dewi dan Harvey Moeis akan selesai. Meskipun dia tidak menjelaskan secara rinci.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024