Perawatan Kecantikan dengan Pisang

VIVAnews - Manfaat pisang untuk kesehatan tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Tapi belum banyak yang memanfaatkan buah tropis ini untuk merawat kecantikan. Padahal pisang banyak manfaatnya untuk menjaga kehalusan kulit dan rambut.

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Pisang banyak mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, B kompleks dan C yang baik untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Vitamin C yang kaya antioksidan mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari.

Buah ini juga kaya kandungan potasium. Bahan itu membantu merangsang regenerasi kulit lebih cepat. Sehingga mempercepat luruhnya sel kulit mati dan menumbuhkan sel kulit baru. Sehingga kulit selalu terlihat segar.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Mengatasi iritasi kulit
Kulit memerah dan gatal karena alergi atau gigitan serangga? Anda bisa mengurangi gejalanya dengan mengoleskan masker pisang.

Haluskan satu buah pisang dengan blender. Campurkan dengan satu sendok makan madu, susu, atau oatmeal. Kemudian oleskan pada pada bagian kulit yang gatal dan iritasi. Diamkan 20-30 menit. Lalu bilas dengan air. Gatal di kulit akan mereda dan bercak merahnya berangsur hilang.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi gejala kulit terbakar akibat terlalu terpapar matahari. Oleskan masker pisang pada kulit yang memerah dan gosong. Jika dilakukan secara teratur, bagian yang gosong akan pulih dan halus kembali.

Lakukan juga perawatan ini untuk menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa menambahkan minyak zaitun pada masker pisang untuk menjaga kehalusan kulit. Dengan masker pisang, kulit wajah lebih halus, cerah dan bebas noda.

Menghaluskan rambut
Bukan hanya untuk kulit, pisang juga bisa dijadikan masker rambut. Masker pisang ini bermanfaat untuk mengatasi rambut rusak dan kering.

Oleskan pisang yang sudah dicampur madu dan minyak zaitun secara merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit. Agar lebih meresap ke rambut dan kulit kepala, gunakan pemanas (steamer) atau tutup rambut dengan handuk basah. Kemudian keramaslah seperti biasa.

Lakukan setidaknya seminggu sekali. Rambut yang rusak dan kering akan kembali lembab, sehat dan teksturnya lebih indah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya