Mengenal Perbedaan Liposuction dan Tummy Tuck

perut impian
Sumber :
  • doc.Corbis

VIVAlife - Timbunan lemak di perut  jadi musuh setiap orang, khususnya wanita. Perut yang buncit memang sangat mengganggu penampilan. Saat memilih busana pun akhirnya kita sibuk menutupi bagian perut. 

Untuk itu, tak sedikit orang yang mencoba liposuction dan tummy tuck demi menghilangkan lemak perut. Keduanya merupakan prosedur medis yang berbeda, meskipun fungsinya sama untuk membuat perut lebih ramping.

Anda tertarik melakukan prosedur ini? Sebelum salah kaprah ketahui perbedaan antara liposuction dan tummy tuck.

Liposuction

Nama populernya adalah sedot lemak. Banyak orang yang salah kaprah tentang prosedur pembedahan ini. Sedot lemak bukanlah cara untuk membuat tubuh menjadi langsing, karena tujuannya bukan untuk menurunkan berat badan.

"Tujuan utama liposuction adalah untuk membentuk tubuh, bukan berfokus pada penurunan berat badan dalam kilogram," kata ahli bedah estetik, dr. Teuku Adifitrian atau akrab disapa Tompi, saat ditemui di Jakarta.

Operasi plastik yang pernah dilakukan oleh Titi DJ ini tidak memakan banyak waktu. Hanya butuh waktu 15-30 menit, lemak yang tak diinginkan pada bagian tubuh tertentu dengan sekejap dapat hilang.

Bekas operasi pun minimal dan tersembunyi. Perlu Anda ketahui, operasi sedot lemak bukanlah pengobatan untuk obesitas dan bukan merupakan pengganti olahraga teratur dan kebiasaan makan sehat.


Tummy Tuck

Tindakan estetika ini masih berfokus pada bagian tubuh perut. Biasa dikenal dengan tarik perut dengan prosedur membuang kelebihan lemak.

"Operasi ini dilakukan untuk memperbaiki bagian perut yang menggelambir, biasanya pada pasien yang setelah melahirkan, tujuannya agar kulit lebih kencang," ujar dr. Tompi.

Jika pasien dalam kondisi parah, misalnya lemak menumpuk, diperparah dengan kondisi otot dinding perut yang kendur dan meregang. Untuk kondisi ini maka dapat dilakukan tummy tuck ini. Akan tetapi, jika pada kondisi tertentu tidak terlalu parah, dapat dilakukan mini tummy tuck, yang ditambah dengan sedot lemak.

Prosedur ini memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar tiga atau empat jam (mini tummy tuck), hingga lima jam. Untuk memaksimalkan hasil operasi, setelah tiga hari, pasien hanya dapat melakukan kegiatan ringan. Lalu, setelah tiga bulan pasien diwajibkan mengenakan baju khusus. (eh)

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di acara Musrenbang Jambi 2025

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyingung terkait dengan lahan di Sungai Penuh yang bisa dimanfaatkan menjadi lumbung ketahanan pangan. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024