VIVALIFE

Cegah Masalah Ginjal dengan 4 Asupan Ini

Jangan sepelekan kondisi kesehatan ginjal Anda.
Jum'at, 10 Agustus 2012
Oleh : Mutia Nugraheni
Paprika merah

VIVAlife - Ginjal yang sehat sama pentingnya seperti jantung yang sehat. Sayangnya banyak orang yang mengabaikan kesehatan ginjal. Padahal, organ satu ini bekerja keras setiap hari memproses racun dalam tubuh agar tak membahayakan kesehatan secara keseluruhan.

Beberapa keluhan serius bisa muncul ketika ginjal mengalami gangguan. Seperti batu ginjal, membengkaknya mata, kaki dan tangan, atau yang lebih parah, gagal ginjal. Tentunya Anda tak ingin mengalami hal ini.

Ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan. Hal paling mudah adalah selalu memenuhi kebutuhan tubuh akan air mineral. Lalu, perbanyak konsumsi empat makanan berikut.

Paprika merah

Sayuran satu ini selalu tampak menggoda dengan warna merahnya. Anda bisa menyajikannya bersama olahan ayam, sapi atau memanggangnya. Kandungan dalam paprika, seperti dilansir dari Health Me Up, membantu membuang racun dalam darah. Tak heran kalau ini merupakan sayuran paling baik untuk Anda yang mengalami masalah ginjal. 

Putih telur
Jika Anda mengalami masalah ginjal, maka membutuhkan protein dengan sedikit fosfor. Putih telur menjadi asupan protein paling pas, karena mengandung zat fosfor yang paling sedikit dibandingkan sumber protein lainnya. Perlu diketahui bahwa orang dengan masalah ginjal sebaiknya menghindari kuning telur.

Kembang kol
Cara paling mudah mengolah kembang kol adalah merebusnya, lalu tambahkan sedikit garam dan lada. Anda pun bisa menjadikannya cemilan. Kembang kol merupakan musuh racun dalam tubuh.  Kandungan indoles, glucosinolate dan tiosianat yang tinggi, membantu kerja ginjal membuang racun dalam tubuh.

Kol
Biasa tersaji dalam lalapan, diolah menjadi bakwan atau diiris halus dalam semangkuk soto. Kol merupakan sayuran dengan tekstur renyah, yang merupakan sumber zat phytochemicals. Zat tersebut membantu tubuh menangkal zat radikal bebas, yang meracuni tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsinya tanpa dimasak bisa membantu proses pembuangan racun tubuh melalui urin.  (umi)

TERKAIT
TERPOPULER