Studi: Depresi Akibatkan Penyusutan Otak

Otak manusia
Sumber :

VIVAlife - Waspadalah jika Anda mengalami stres berkepanjangan. Sebab, stres yang berujung pada major depressive disorder (MDD) atau depresi akut dapat mengakibatkan penyusutan otak.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Akibatnya, sirkuit otak yang terasosiasi dengan fungsi mental dan emosi jadi tumpul. Hal ini diungkap dari studi yang dilakukan para peneliti asal AS, yang meneliti jaringan otak penderita MDD yang telah meninggal.

Hasilnya, ditemukan bahwa bagian korteks prefrontal otak mengalami penyusutan. Sinapsis antar jaringan otak pun mengalami pengurangan. Tak hanya itu, terjadi pula penurunan aktivitas pada gen yang diperlukan untuk membangun struktur sinapsis otak.

Whoosh Tebar Promo Wisata Sampai 12 Mei 2024, Simak!

Para peneliti menduga, adanya protein bernama GATA 1 terkait dengan hal ini. Aktivasi GATA 1 diketahui dapat menurunkan kegiatan gen dan memicu hilangnya hubungan jaringan otak, seperti diberitakan Daily Mail.

"Sirkuit yang normalnya terkait dengan fungsi emotif dan kognitif manusia terganggu saat stres melanda dan GATA 1 aktif," kata ketua studi, profesor Ronald Duman dari Yale University. Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Medicine.

Epy Kusnandar dan Rekannya Pemain Sinetron Preman Pensiun Fix Positif Narkoba

Dalam penelitian lanjutan yang diujikan pada tikus, aktivasi GATA 1 ternyata membuat mereka menunjukkan tanda-tanda depresi. Jelas ada keterkaitan antara berkurangnya jumlah sinapsis otak dengan gejala depresi dan gangguan mental.

Hal ini menjelaskan mengapa penderita depresi akut mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi dan mengingat. Emosi mereka juga tumpul sehingga sulit merespons emosi orang lain.

Video Bocah Bojonggede Nangis Minta Makan Viral, Pengunggah Minta Maaf

Camat Bojonggede Bantah Pidanakan Konten Kreator yang Viralkan Gibran Kelaparan

Camat Bojonggede, Tenny Ramdhani membantah mengintimidasi dan mengancam konten kreator Ahmad Saugi, yang memviralkan Gibran menangis kelaparan

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024