Wanita Ini Pantang Melihat Cermin Satu Tahun

Kjerstin Gruys
Sumber :

VIVAlife - Biasanya, wanita paling tidak tahan jika melewati cermin, atau apapun yang bisa digunakan bercermin. Saat ada cermin, kita akan berhenti sejenak untuk melihat pantulan diri dan membenahi penampilan.

Kjerstin Gruys tampaknya pengecualian dengan melakukan hal sebaliknya. Selama setahun, mahasiswa PhD psikologi itu menghindari melihat pantulan dirinya sendiri di cermin, bahkan di hari pernikahannya. Semua itu dilakukannya untuk satu tujuan, meningkatkan kepercayaan diri.

Di masa remajanya, Gruys sangat terobsesi dengan berat badan. Dia nekat membatasi makanan yang masuk ke tubuhnya secara ekstrim sehingga terkena anoreksia. Gangguan pola makan yang dialaminya pun sembuh usai menjalani terapi.

Namun, rasa tidak percaya diri rupanya masih menghantui Gruys. Terlebih saat dia dan tunangannya, Michael Ackermann, mulai membicarakan pernikahan mereka. Gruys pun menjalankan mulai menjalankan program anti cermin.

Dia mengaku terinspirasi buku Birth of Venus yang memaparkan kehidupan ordo biarawati Italia pada masa Renaissance. "Mereka tidak diperkenankan bercermin, melihat tubuh wanita lain saat berpakaian. Pada dasarnya, mereka dilarang melihat tubuh mereka sendiri," ujarnya dikutip dari Daily Mail,.

Wanita 29 tahun ini benar-benar menghindari barang apapun yang dapat memantulkan refleksi dirinya. Dia juga ekstra hati-hati saat sedang jalan-jalan, menyetir, atau menggunakan Skype. Bahkan melihat fotonya sendiri pun dia tak mau.

Di hari pernikahannya, Gruys tetap bersikukuh untuk tidak bercermin. Meski demikian, dia mengaku justru di hari itulah semuanya terasa mudah.

"Saya berfokus pada makna pernikahan sebenarnya, bukan tentang bagaimana penampilan saya di hari itu," alasan Gruys.

Maret 2012,  ia mengakhiri hari-hari tanpa cerminnya. Lalu, apa yang diperolehnya? Gruys jadi belajar untuk lebih memperhatikan perasaan saya, bukan penampilan.

"Tidak ada salahnya bercermin, namun saya rasa setiap orang patut berefleksi sejenak untuk melihat adakah yang kurang. Kita punya begitu banyak hal yang bisa ditawarkan pada dunia, bukan hanya penampilan saja," ujarrnya. (adi)

Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana
kapten Timnas Argentina Lionel Messi meninggalkan lapangan usai kerusuhan

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

Lionel Messi dipastikan absen membela Timnas Argentina di dua laga persahabatan FIFA Matchday karena cedera hamstring.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024