Pulau Berwarga Paling Panjang Umur Sedunia

Keluarga besar The Melis
Sumber :
  • guinnessworldrecords.com

VIVAlife - Bukan hanya keunikan budaya atau keindahan alam membuat Sardinia sohor. Pulau kecil di Kepulauan Mediterania ini menjadi perbincangan dunia karena memiliki sejumlah penduduk yang masuk kategori tertua di dunia.

Di salah satu desa, Perdasdefogu, bahkan hidup sembilan bersaudara yang jika usianya disatukan mencapai 818 tahun, seperti dikutip dari laman health.yahoo.net.

Mereka adalah keluarga Melis. Yang tertua, Consolata berusia 104 tahun dengan sembilan anak, 24 cucu, dan 25 cicit. Disusul Claudia (99), Maria (97), Antonio (93), Concetta (91), Adolfo (89), Vitalio (86), Vitalia (81), dan Mafalda (78).

Dengan usia yang tak lagi muda, semuanya masih cukup bugar. Tak heran jika keluarga tersebut mendapat penghargaan dari The Guinness World Record sebagai keluarga paling panjang umur di dunia.

Luca Deiana, seorang profesor biokimia klinis dari Universitas Sassari, Sardinia, menemukan setidaknya 2.500 penduduk berusia lebih 100 tahun di pulau itu sejak 1996. Ia mempelajari banyak faktor yang membuat penduduk di pulau itu cenderung panjang umur.

"Di satu sisi adalah faktor genetika, tapi ada juga faktor kuat lainnya yaitu lingkungan bebas polusi yang memengaruhi pola hidup sehat. Makanan-makanan yang dihasilkan di pulau itu sangat bersih, tertutama buah-buahan seperti pir dan plum," ujarnya kepada koran Italia, Corriere della Sera.

Craig Glenday, pejabat Guinness World Records menambahkan bahwa kebiasaan masyarakat Sardinia menjalani diet Mediterania cukup berperan. "Gaya hidup mediterania menjadi faktor kuat yang membuat seseorang hidup sehat, panjang umur," ujarnya.

Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana

Diet mediterania adalah pola makan yang menyertakan asupan tinggi buah-buahan, sayuran, ikan dan gandum. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa pola makan ini membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

kapten Timnas Argentina Lionel Messi meninggalkan lapangan usai kerusuhan

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

Lionel Messi dipastikan absen membela Timnas Argentina di dua laga persahabatan FIFA Matchday karena cedera hamstring.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024