"Admission" Menang dalam Festival Film Perdamaian

foto ilustrasi industri film
Sumber :

VIVAlife - "Admission" terpilih menjadi film terbaik dalam Festival Film Perdamaian (International Film Festival For Peace, Inspiration and Equality - IFFPIE) dengan menyisihkan 91 karya lain dalam daftar nominasi. 

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi

Film Amerika Serikat arahan Harry Kakatsakis dan diperankan nominator Oscar, James Cromwell itu berkisah tentang hal-hal yang dibutuhkan demi menemukan kedamaian abadi, bahkan di tempat-tempat yang dilanda perang seperti Timur Tengah.

Selain meraih penghargaan di Festival Film Perdamaian Dunia, "Admission" pun memenangkan penghargaan Best Short Narrative (Peace on Earth Film Festival 2012), Best Short Film (Spirit Quest Film Fstival 2012), dan Lifetree Film Award (Lifetree Film Festival 2012).

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Dalam film itu, Cromwell memainkan peran sebagai penjaga pintu alam baka yang dipanggil untuk membimbing pasangan Israel dan Palestina. Pada keduanya, ia menularkan kebijaksanaan yang diperlukan untuk menemukan kedamaian abadi.

Berbicara tentang IFFPIE, Sofia Koswara, Ketua World Peace Movement sekaligus juri mengatakan festival itu tidak hanya berfungsi sebagai ajang kompetisi belaka. "[Festival ini] sarana untuk membangunkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya perdamaian," katanya semalam, 30 Agustus 2012. Jadi, di luar faktor teknis, kekuatan pesan yang disiratkan dalam film juga menjadi salah satu tolok ukur utama penilaian. 

Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final

Segendang-sepenarian dengan Sofia, Damien Dematra, Pendiri dan Direktur IFFPIE mengatakan, "kesadaran akan pentingnya perdamaian di kalangan masyarakat dunia layak diacungi jempol. Bahkan orang-orang Palestina dan Israel bekerja sama membut film yang menjadi salah satu peserta festival ini yaitu film Blood Relations."

Berikut daftar lengkap film peraih penghargaan dalam IFFPIE.

1. Best International Short Film : Admission

2. Best International Feature Film: Meherjaan

3. Best Documentary Short: A Ballon for Allah

4. Best Documentary Feature: Little Town of Bethlehem

5. Best New Comer: One Day After Peace

6. Best Film: Admission 

(umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya