Konsumsi Junk Food Sebabkan Pikun?

burger
Sumber :
  • gamedesire.com

VIVAlife - Seberapa sering Anda mengkonsumsi junk food? Mulai sekarang, ada baiknya Anda meninggalkan jenis makanan ini. Studi yang dilakukan baru-baru ini mengatakan bahwa konsumsi junk food berlebihan tidak hanya akan membuat Anda gemuk, namun juga dapat menyebabkan demensia atau melemahnya daya ingat.

MK Gelar Sidang Sengketa Pileg 2024 Pekan Depan, Total Ada 297 Perkara

Dilansir Daily Mail, hal ini disebabkan karena junk food secara instan dapat menaikkan tekanan daran dan kolesterol. Kondisi ini akan mengganggu pasokan darah darah dan insulin ke otak.

Terlebih pada penderita diabetes tipe 2, penyakit umum yang disebabkan karena konsumsi makanan tidak sehat, resiko demensia semakin tinggi.

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Berbagai jenis makanan junk food ini membuat sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin, yang seharusnya insulin dapat digunakan untuk mengubah gula menjadi energi. Insulin pun sangat dibutuhkan otak untuk kekuatan memori dan kemampuan berfikir.

Selain itu insulin juga bekerja memperkuat hubungan antara sel-sel otak, menjaga pembuluh darah agar tetap dapat memasok darah dan oksigen menuju otak, untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan mengingat.

Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

Penelitian ini dilakukan pada tikus yang diberikan zat kimia, seperti yang digunakan pada junk food. Fungsinya  untuk menghentikan hormon insulinnya. "Hewan-hewan pengerat ini menjadi pikun, tidak dapat mengingat," papar seorang peneliti dari Brown University di Amerika Serikat, Suzanne de la Monte.

Studi ini pun menunjukkan jika kalori yang terdapat pada junkfood dapat merusak respon tubuh terhadap insulin, yang lambat laun akan meracuni otak. (adi)








Wapres ke-10 dan 12 sekaligus politikus senior Partai Golkar, Jusuf Kalla di Perpusnas, Jakarta Pusat, Senin, 4 Maret 2024

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

KPU menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024