Etiket Makan di Berbagai Negara

nasi sumpit
Sumber :
  • mariokartwii.com

VIVAlife - Masyarakat di setiap negara pasti memiliki kebudayaan dan tata cara yang berbeda dalam menjalani kehidupannya. Mereka memiliki etiket masing-masing untuk menentukan batas kesopanan, termasuk soal menyantap makanan.

Misalnya sendawa. Di beberapa negara, munculnya bunyi dari kerongkongan yang kadang disertai aroma tak sedap ini dianggap tak sopan. Namun di Mesir, ini justru dianggap sebagai sebuah penghormatan atas santapan nikmat.

Berikut sejumlah etiket bersantap di sejumlah negara yang perlu Anda tahu agar tak dipandang meremehkan tradisi masyarakat setempat saat bertandang, seperti dikutip Travellers Today.

Korea
Dalam jamuan makan, orang Korea baru boleh menyantap hidangan setelah semua orang yang lebih tua dan orang yang dihormati sudah mulai menyantap makanan terlebih dahulu. Mereka juga tidak boleh mengangkat mangkuk nasi dan sup dari meja. Mereka harus menggunakan sendok panjang (sutgarak) untuk mengambilnya dan menggunakan sumpit untuk mengambil lauknya.

Tak hanya makan mendahului orangtua dan mengangkat mangkuk di meja makan yang dianggap tak sopan, minum menghadap ke orang yang lebih tua juga tak sopan. Saat ditawari minum orang tua, terimalah dengan dua tangan sebagai penghormatan. Lalu, putar posisi ke arah lain untuk meneguk minuman itu tanpa suara.

Jepang
Hindari menancapkan sumpit di mangkok nasi secara tegak. Di Jepang, hal ini hanya dilakukan saat pemakaman, di mana sumpit ditancapkan secara vertikal pada mangkok nasi milik almarhum. Sumpit harus selalu ditempatkan di depan kita, paralel dengan tepi meja.

Italia
Orang Italia tidak pernah minum kopi setelah makan siang. Kecuali espresso. Sajian cappuccino atau coffee latte setelah makan siang atau makan malam dianggap memperlambat sistem pencernaan. Yang minum kopi selepas tengah hari biasanya langsung dicap sebagai turis.

Sementara soal makanan, orang Italia cenderung menghargai cita rasa yang otentik atau asli. Karenanya, jangan menambahkan saus tomat atau keju parmesan di atas potongan pizza saat menyantapnya.

Meksiko
Hindari makan taco dengan garpu dan pisau. Di mata penduduk Meksiko, makan taco selain dengan tangan akan dianggap kasar, menggelikan, dan yang lebih parah: sok.

India
Jika sedang makan menggunakan tangan, selalu gunakan tangan kanan. Tangan kiri dianggap kotor dan tidak layak, karena digunakan untuk membasuh bagian pribadi di kamar mandi.

Rusia
Di negara ini, vodka diminum tanpa campuran, termasuk es batu. Biasanya, penduduk Rusia hanya menggunakan bir sebagai campuran vodka. Jika Anda ditawari minum, jangan tolak. Sebab itu adalah tanda mereka ingin menjalin persahabatan. (umi)

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024
Gedung BNI.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BBNI akan menerbitkan surat utang senior dalam denominasi dolar Amerika Serikat atau global bond.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024