Pare Tingkatkan Kualitas ASI?

ibu dan anak
Sumber :

VIVAlife - Menyusui tak hanya menjalin hubungan antara ibu dan anak, tapi juga membantu pemberian nutrisi pada si kecil untuk tumbuh kembangnya. Asupan yang tepat tentunya akan berujung pada kesehatan bayi yang optimal. Itulah mengapa ibu menyusui perlu memperhatikan kualitas air susu ibu (ASI).

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan bayi paling baik hingga bayi berusia 6 bulan. Kandungan kompleks pada ASI yang relatif mudah dicerna dan sangat dibutuhkan bayi, tak tergantikan oleh susu formula mana pun.

Ada banyak cara untuk meningkatkan suplai ASI. Seperti yang dikutip Boldsky, mengkonsumsi makanan sehat saat menyusui tak hanya tingkatkan kualitas ASI tapi juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Pare
Banyak orang menjauh dari sayuran ini karena rasa pahitnya. Pare adalah salah satu sayuran sumber vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi oleh ibu yang menyusui. Kandungan dalam pare dipercaya dapat meningkatkan kualitas laktasi pada kaum wanita.


Biji fenugreek

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

Biji fenugreek merupakan sumber zat besi, vitamin dan kalsium yang baik untuk ibu hamil, Biji ini juga telah digunakan sejak zaman 'nenek moyang' untuk meningkatkan kualitas ASI. Kebiasaan ini juga diperkuat dengan beberapa penelitian, namun mengkonsumsinya berlebih dan tidak diimbangi dengan sayuran dan buah akan membuat sang ibu mengalami dehidrasi.


Basil

Basil tak hanya sekedar obat herbal. Daun serupa dengan kemangi ini memiliki kandungan vitamin K yang baik untuk pertumbuhan sang bayi. Selain itu, daun beraroma wangi ini juga memiliki dampak menenangkan untuk sang ibu dan bayinya.

Lemak

Lemak yang berasal dari ghee, mentega dan minyak sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan ASI. Semua lemak ini akan memberikan banyak energi untuk sang ibu saat menyusui.

Kacang
Almond dan kacang mete adalah alternatif cemilan yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui. Mengapa? Keluarga kacang-kacangan ini mengandung banyak protein, vitamin dan mineral. Bahkan sejak zaman kuno, kacang juga telah mendapatkan reputasi baik untuk meningkatkan laktasi.

Makanan berserat

Sayuran hijau dan sayuran dengan kandungan serat tinggi, menjadi makanan penting saat menyusui. Asupan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya untuk hasilkan lebih banyak ASI. Ibu yang rajin konsumsi serat akan membuat bayinya merasa kenyang usai menyusui. (eh)

Rafael Struick Mengerikan, Timnas Indonesia U-23 Pecundangi Korsel di Babak I
Pelita Jaya memastikan tiket ke putaran final BCL Asia 2024

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

PP Perbasi mengapresiasi tim Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berhasil lolos ke babak utama Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024