Petualangan Rasa Kuliner Khas Thailand

Tom Yum Thale
Sumber :
  • InterContinental Jakarta MidPlaza

VIVAlife - Di tengah eksotika kuliner mancanegara, sajian Tom Yum tak pernah tersingkir dari petualangan rasa khas Thailand. Sajian sup ini menjadi primadona dengan perpaduan citarasa asam, pedas, dan manis.

Tom Yum dibedakan berdasar isian utamanya. Tom Yum Kung dengan isian udang. Tom Yum Kai dengan isian ayam. Tom Yum Pla dengan isian ikan. Tom Yum Thale dengan isian campuran makanan laut seperti udang, cumi, kerang, potongan ikan, dan jamur.

Tom Yum menjadi warisan kuliner Thailand yang telah menjelajah dunia. Tak heran jika sajian ini turut menyemarakkan festival masakan Thailand di Java Restaurat, Hotel InterContinental Jakarta, yang berlangsung selama September 2012.

Jenisnya Tom Yum Thale. Berbahan aneka seafood segar, sajian kali ini menjanjikan citarasa otentik karena bumbunya merupakan hasil racikan tangan dua chef asal Bangkok, Sittiwong Wongprom dan Saranya Suttanaka.

Dengan membayar sekitar Rp200 ribu per orang, kita tak hanya bebas menyantap Tom Yum bercita rasa asli. Kita juga bisa menikmati pengalaman menyantap aneka sajian khas lainnya, yang mungkin hanya bisa kita temui di Thailand.

Mulai dari santapan pembuka seperti, Yam Talay, salad berisi soun dan seafood, dan Som Tom, salad berbahan irisan buah pepaya muda dan wortel dengan racikan bumbu bawang putih, cabe rawit, tomat, dan saus ikan.

Som Tom

Makanan berat seperti Tod Man Pla, semacam ikan goreng, Panaeng Gai, ikan berbumbu kari, Pla Phad Priew Warn, ikan asam manis. Hingga makanan penutup seperti Sangkaya, labu kuning dengan isian krim spesial, Kao Kaed Pyak Lam Yai, olahan tepung berat dengan isian buah, dan Mon Sam Keng, adonan kentang bercitarasa manis dengan sentuhan jahe.

Lewat ragam sajian khas itu, kita bisa berpetualang rasa tanpa jauh-jauh ke luar negeri. "Kami ingin masyarakat bisa menikmati makanan khas Thailand tanpa perlu datang langsung ke Thailand," kata Gary Palm, Executive Chef dari Hotel InterContinental Jakarta.



Java Restaurant - InterContinental Jakarta MidPlaza
Jalan Jenderal Sudirman Kav 10-11, Jakarta
Telepon: 021-2510888
Harga: Rp 190.000,++ (makan siang) dan Rp268.000,++ (makan malam)

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024