Merasakan Manuver Bus Terpanjang Dunia

Auto tram
Sumber :
  • Daily mail

VIVAlife - Bus sepanjang 101 kaki, atau lebih dari 30 meter ini bisa memuat 256 penumpang. Pemerintah Jerman menggunakannya sebagai fasilitas untuk mengatur sistem lalu lintas yang lebih baik. Bus ini juga ramah lingkungan. Menggunakan tenaga listrik untuk menjalankan mesinnya.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Bus yang dinamakan 'Auto Tram Extra Grand' ini dikembangkan oleh Fraunhofer Instutute yang memang menangani infrastruktur lalu lintas. Dijelaskan Matthias Klinger, direktur institut tersebut, bahwa banyak pengetahuan yang diinvestasikan untuk pembuatan bus ini, termasuk menggunakan prasarana komputer untuk efisiensi, dan memudahkan pengoperasian oleh pengemudi.

Auto tram

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa


"Inovasi autotram ini tidak hanya terletak pada panjangnya, tapi juga kemampuan untuk melakukan manuver. Bus ini akan tetap stabil saat melakukan manuver. Meskipun terbilang panjang, bus ini juga tidak akan mengganggu lalu lintas kota." Gerakannya cukup lincah, seperti bus berukuran normal.

Bus yang mengklaim sebagai bus terpanjang di dunia ini memang menggabungkan desain kereta api dan bus itu sendiri. Anda harus mencoba merasakan manuvernya, jika berkesempatan mengunjungi Jerman.

Dikutip Daily Mail, beberapa kota juga sudah menggunakan sarana transportasi seperti ini. Cina bahkan memiliki 'New Liner Cina Series' yang dapat memuat 300 penumpang, namun panjangnya hanya mencapai 82 kaki. Sementara London juga sempat mengoperasikannya pada tahun 2009, namun catatan kecelakaan yang terjadi, mengharuskan bus ini untuk ditarik dari sistem lalu lintas. (umi)

MK Gelar Sidang Sengketa Pileg 2024 Pekan Depan, Total Ada 297 Perkara
Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Politisi senior Partai Golkar, Jusuf Kalla (JK) mengaku tak mau ambil pusing soal wacana Anies Baswedan yang ingin kembali maju di Pilgub Jakarta

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024