Gigi Berlubang, Investasi Penyakit Kronis

Gigi putih.
Sumber :
  • coffeebreakconversations.com

VIVAlife - Gangguan yang dialami gigi ternyata tidak hanya menimbulkan rasa sakit pada gigi saja. Jika tidak segera mendapatkan perawatan, masalah gigi , terutama gigi berlubang juga dapat berlanjut pada penyakit serius lainnya.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Ini karena bakteriĀ  streptococcus yang terus berkembang biak di dalam lubang. Salah satu penyebabnya adalah timbunan sisa-sisa makanan yang tidak segera dibersihkan.

"Lubang pada gigi adalah investasi untuk penyakit kronis. Selain menyebabkan bau mulut,masalah gigi berlubang juga bisa merambat pada masalah kesehatan yang lain, seperti resiko penyakit diabetes, ginjal, pernafasan, jantung, infeksi sendi, alergi, migrain, serta kelahiran prematur," ujar Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Zaura Rini Anggraeni.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ia menambahkan, jika kasus gigi berlubang ini justru menjadi masalah umum di Indonesia. Hampir 90 persen penduduk kita yang mengalaminya.

Munculnya beberapa penyakit serius ini, disebabkan karena gigi saraf gigi juga berhubungan dengan bagian tubuh lainnya, selain mata. Saat gigi mengalami masalah, sistem kekebalan tubuh akan menurun dengan sendirinya, dan kuman mulai menyebar melalui pembuluh darah. Disinilah kuman streptococcus mulai mengendap di beberapa bagian tubuh dan merusak fungsinya.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Selain membatasi konsumsi makanan manis, berikut beberapa tips berikut juga dapat diterapkan, agar terhindar dari masalah gigi.

- Menyikat gigi sebelum tidur.
Membersihkan gigi di malam hari merupakan hal yang paling penting dilakukan. Ketika air liur berkurang, kuman mulai bereaksi. Selain itu, kuman juga mulai berkembang biak sekaligus mengeluarkan zat asam dua kali lebih tinggi. Sehingga menyebabkan email gigi menjadi lunak dan mudah keropos.

- Perawatan enam bulan sekali
Lakukan pemerikasaan atau perawatan gigi setiap enam bulan sekali. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai deteksi pada kelainan gigi sejak awal.

Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024