VIVALIFE

Pentingnya Vitamin A untuk Kesehatan Pria

Retinoid, membantu penyembuhan pada kasus kanker prostat.
Senin, 10 September 2012
Oleh : Wuri Handayani
Susu, salah satu sumber vitamin A.

VIVAlife - Jika selama ini asupan vitamin A selalu dikaitkan dengan kesehatan mata, penemuan terbaru menyatakan pentingnya vitamin ini untuk pencegahan dan menyembuhan kanker. Terutama pada pria, vitamin ini sangat membantu pada kasus kanker prostat.

Penelitian yang dilakukan para ahli di University of York menemukan banyaknya kasus kanker prostat, akibat rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh. Melalui studi ini, diharapkan masyarakat lebih memahami, bagaimana peranan vitamin A sebagai bahan anti kanker.

"Kadar vitamin A yang redah pada tubuh, sangat memungkinkan sel-sel induk kanker untuk bertahan hidup. Sebaliknya, jika tubuh memiliki vitamin A yang cukup tinggi, ini akan dengan cepat membunuh sel kanker. Sel ini juga menjadi lebih rentan terhadap kemoterapi," papar Prof. Norman Maitland, pemimpin studi ini.

Penelitian lain juga mengatakan, jika hampir 41.000 orang di Inggris, didiagnosis dengan kanker prostat. Meski 80 persen diantaranya dapat bertahan hidup, namun 10.000 orang meninggal setiap tahunnya, karena kasus ini.

"Para dokter memang menggunakan vitamin A untuk membunuh kanker, tetapi kita harus menggunakannya untuk memodifikasi sel-sel kanker, yakni mengatur sel tersebut agar tidak berkembang," tambahnya.

Untuk mendapatkan sumber vitamin A alami, Anda dapat mengkonsumi hati, keju, telur, ikan, susu ataupun yoghurt. (eh)

 

TERKAIT
TERPOPULER