Tragis, Gadis Usia 8 Tahun Didiagnosis Kanker Ovarium

Natalie
Sumber :

VIVAlife - Bagi seorang wanita, kanker ovarium adalah penyakit yang menakutkan. Kanker ini dapat berkembang cepat, bahkan dari stadium awal hingga stadium lanjut dapat terjadi dalam kurun waktu setahun.

Melinda Yoesman, tak pernah mebayangkan kalau keluarganya harus menanggung beban yang berat. Tak lama setelah kepulangan suaminya dari Irak, ia harus menerima kenyataan kalau putrinya menderita kanker ovarium.

Setahun sebelumnya, Natalie sempat mengeluh sakit perut. Kondisinya ini membuat anak usia delapan tahun kerap membolos dari sekolah. Awalnya, rasa sakit ini hanya dianggap sebagai sembelit biasa.

Namun, di saat Natalie menjerit kesakitan yang tak tertahankan, sang ibu membawanya ke UGD. Dokter berasumsi kalau putri kecilnya hanya menderita usus buntu. Tapi diagnosa awal  tersebut tak sesuai dengan hasil USG. USG mendeteksi adanya kista sepanjang 7 cm dalam ovarium Natalie.

Penyakit kista pada Natalie dianggap kejadian langka dalam dunia kesehatan. Umumnya, kista hanya akan terjadi pada wanita yang telah mengalami pubertas atau usia subur.

"Kista biasa tumbuh pada wanita yang telah mengalami mentruasi, bukan pada anak-anak," jelas Dr Judith Wolf, kepala divisi bedah di MD Anderson Cancer, Houston.

Melansir ABC News, perempuan lebih sering memiliki bentuk karsinoma epitel, di mana kanker mulai tumbuh dalam sel permukaan ovarium. Untuk anak perempuan, kanker dimulai dari dalam sel telur dan berkembang menjadi tumor, yang disebut dengan sel kuman.

Sel kuman tumor adalah pemicu dari tiga persen penyakit kanker yang terjadi ada anak-anak. (umi)

KPU Kalbar Libatkan 150 Ribu Petugas dalam Pilkada 2024
Jalan tol Padang-Sicincin

Menteri Basuki Ultimatum HK Rampungkan Tol Trans Sumatera Seksi Padang-Sicincin Juli 2024

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, menegaskan bahwa pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin harus rampung pada Juli 2024.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024