Ratusan Sepatu Kebanggaan Imelda Marcos Rusak

Koleksi sepatu Imelda Marcos
Sumber :

VIVAlife - Gaun mewah, tas tangan, rambut sasak tinggi dan yang tak boleh ketinggalan, sepatu yang warnanya selalu senada. Penampilan ini lekat dengan Imelda Marcos, baik saat ia masih menjadi Ibu Negara Filipina, hingga saat ini, ketika ia menjabat sebagai anggota dewan.

Sosok Imelda memang terkenal karena obsesinya pada sepatu. Bagaimana tidak, jumlah koleksi sepatu miliknya mencapai 3.000 pasang. Tapi sangat disayangkan, kini sebagian sepatu miliknya rusak dimakan rayap, terkena banjir dan ada yang tak terawat.

Salah satu koleksi sepatu yang diketahui rusak parah adalah sepatu tumit tinggi bermerek Pierre Cardin warna putih. Bagian solnya habis dimakan rayap. Sebagian lainnya dikemas dengan tidak baik serta penuh noda.

Sepatu-sepatu tersebut disimpan di Museum Nasional Manila. Kerusakan, menurut pihak museum  karena disimpan dengan tidak baik. Tak hanya sepatu Imelda yang rusak tapi juga busana milik almarhum suaminya, Ferdinand Marcos mengalami kerusakan.

Sebelumnya lebih dari 150 kotak busana, gaun, aksesori dan sepatu milik keluarga Marcos dipindahkan ke Museum dua tahun lalu dari Istana Presiden. Hal ini untuk menghindari kerusakan karena kelembaban dan rayap. Ironisnya, saat di museum koleksi tersebut malah mengalami kerusakan parah.

"Kami saat ini berusaha melakukan konservasi. Sangat disayangkan karena Imelda kadang masih memakai koleksi sepatu dan busana di museum untuk menghadiri acara resmi," kata Orlando Abinion, kurator museum seperti dilansir dari Daily Mail.

Koleksi memang hanya disimpan dalam kotak seadanya dan tak dilindungi dengan kunci khusus karena tak ada fasilitas keamanan di dalamnya. Bulan lalu beberapa koleksi juga mengalami kerusakan karena atap museum rusak terkena badai.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Sepatu yang dimiliki Imelda bukan hanya sekedar pelengkap penampilan. Tapi juga sebagai simbol pergolakan politik Filipina pada 1986 dan kebanggaannya sebagai mantan Ibu Negara. (eh)

Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024